KTT G20 Bali Diklaim Terbaik, Luhut: Kita Bukan Bangsa Ecek-ecek

Road to G20

KTT G20 Bali Diklaim Terbaik, Luhut: Kita Bukan Bangsa Ecek-ecek

I Wayan Sui Suadnyana - detikBali
Kamis, 10 Nov 2022 13:57 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Silvia Ng/detikcom)
Denpasar -

Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim Konferensi Tingkat Tinggi The Groups of Twenty (KTT G20) yang akan digelar di Bali sebagai yang terbaik dari helatan serupa terdahulu. Menurutnya, momen KTT G20 di Bali akan menunjukkan bahwa Republik Indonesia (RI) bukan bangsa ecek-ecek.

"Kita ingin tunjukkan lah bangsa ini bangsa besar, bangsa yang mampu mengatur dirinya bukan bangsa ecek-ecek," kata Luhut saat hadir di Pusat Komando (Command Center) Polda Bali, Kamis (10/11/2022).

"Saya ingatkan itu, kita ini bukan bangsa yang ecek-ecek. Tapi bangsa besar yang mampu menyelesaikan masalah sendiri. Saya ingin titip buat semua, jangan kau lecehkan bangsamu. Kamu harus hormati dan bangga jadi orang Indonesia," tambah Luhut.


Di satu sisi, Luhut mengungkapkan bahwa persiapan KTT G20 di Bali sudah mencapai 100 persen. Termasuk kesiapan pengamanan oleh polisi yang dipimpin Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan TNI yang digawangi Jenderal Andika Perkasa.

"Saya kira (persiapan) sudah 100 persen. Kita sudah siap, tinggal go saja. Pak Jenderal Sigit, Jenderal Andika, semua mereka sudah siap. Dan kita berdua tentu yang terbaik tuhan berikan kepada semua upaya yang sudah dibuat ini," ucapnya.

Luhut mengaku senang melihatnya prajurit-prajurit TNI maupun Polri semua sudah berada di lapangan dan siap dengan tugasnya masing-masing.

"Dari pagi saya cek, mereka semua sudah masuk di posnya masing-masing. Dan nanti tentu akan banyak berpakaian preman daripada dinas," kata Luhut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) itu menilai perhelatan G20 Indonesia menjadi salah satu yang terbaik dibandingkan gelaran G20 lainnya.

"Maaf kalau saya banding-bandingkan dengan banyak kegiatan G20 yang saya hadir. Saya kira apa yang kita lakukan ini one of the best, maybe is the best, every history dari G20," ungkap Luhut.

Simak Video: KTT G20 Bali: Putin-Zelensky Absen, Biden-Jinping Hadir

[Gambas:Video 20detik]




(iws/dpra)