Pencarian Bule Inggris Hilang saat Snorkeling di Blue Lagoon Dihentikan

Pencarian Bule Inggris Hilang saat Snorkeling di Blue Lagoon Dihentikan

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Selasa, 04 Okt 2022 19:49 WIB
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian terhadap bule Inggris yang hilang saat melakukan aktivitas snorkeling di pantai Blue Lagoon, Padangbai, Selasa (4/10/2022).
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian terhadap bule Inggris yang hilang saat melakukan aktivitas snorkeling di pantai Blue Lagoon, Padangbai, Selasa (4/10/2022). Foto: I Wayan Selamat Juniasa
Karangasem -

Pencarian terhadap Warga Negara Asing (WNA) asal Inggris atas nama Graham Smith (68) yang hilang saat snorkeling di Pantai Blue Lagoon, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem resmi dihentikan. Di hari terakhir tim SAR gabungan sempat melakukan pencarian hingga ke perairan Gianyar tapi hasilnya tetap nihil.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana mengatakan bahwa sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) jika selama tujuh hari pencarian tidak menemukan hasil maka operasi SAR akan dihentikan.

"Kita sudah berupaya dengan maksimal untuk mencari korban, dengan melakukan penyisiran di sepanjang pantai maupun melakukan pencarian di laut hingga ke perairan Gianyar tapi hasilnya tetap nihil sampai hari ke-7," kata Eka Wiadnyana, Selasa (4/10/2022).


Eka Wiadnyana juga mengatakan meskipun operasi SAR dihentikan, pihaknya masih tetap melakukan pemantauan terhadap korban dengan melakukan koordinasi bersama para nelayan dan juga masyarakat. Jika seandainya ada tanda-tanda keberadaan korban tim SAR akan segera melakukan evakuasi.

"Meskipun sudah ditutup, kita tetap melakukan koordinasi dan jika ada kabar terkait keberadaan korban kita akan kembali turun untuk melakukan evakuasi," pungkas Eka Wiadnyana.

Seperti yang telah diberikan sebelumnya, seorang WNA asal Inggris atas nama Graham Smith (68) dilaporkan hilang saat melakukan aktivitas snorkeling bersama istrinya di Pantai Blue Lagoon, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem pada Rabu (28/9/2022) yang lalu.

Akibat kejadian tersebut tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian terhadap korban. Hingga hari ke-7 pencarian korban tidak juga ditemukan dan pencarian terhadap korban akhirnya dihentikan.



Simak Video "Dramatis! Ratusan Penumpang Dievakuasi saat Kapal Mutiara Timur I Terbakar di Selat Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/irb)