Hacker Bjorka Kembali Sebar Data Kepala BSSN

Hacker Bjorka Kembali Sebar Data Kepala BSSN

tim detikInet - detikBali
Sabtu, 01 Okt 2022 16:50 WIB
Darkweb, darknet and hacking concept. Hacker with cellphone. Man using dark web with smartphone. Mobile phone fraud, online scam and cyber security threat. Scammer using stolen cell. AR data code.
Ilustrasi Hacker. Hacker Bjorka Kembali Sebar Data Kepala BSSN. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen
Bali -

Hacker Bjorka kembali menyebar data Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian. Data yang disebar yaitu gambar KTP dan NPWP.

Data tersebut diunggah di forum Breached dan channel Telegram, ditambahkan dalam postingan sebelumnya. Di mana ia memajang foto Hinsa Siburian berseragam tentara, dan tangkapan layar berita online berjudul "Anggaran BSSN Naik Jadi Rp624 M, 'Berkah' Bjorka?" dalam versi Bahasa Inggris.

"Mari tanya orang tua ini, uang itu akan dipakai untuk apa," tulis Bjorka dalam thread di Breached Forum.


Berbeda dengan data-data pribadi pejabat Indonesia sebelumnya, Bjorka membocorkan data pribadi Ketua BSSN beserta kendaraan yang dimiliki. Data lain yang dibocorkan masih sama, seperti sertifikat vaksin dari tahun 2021. Kini data tersebut ditambahi foto KTP dan NPWP.

BSSN sendiri telah angkat bicara terkait doxing terhadap Hinsa Siburian. Juru bicara BSSN Ariandi Putra mengaku sudah mengetahui publikasi data milik Kepala BSSN tersebut. Menurutnya, data itu bagi pejabat publik merupakan data umum karena memang dipublikasikan.

"Data yang dipublikasikan tersebut pada dasarnya merupakan data umum sebagai pejabat publik dan dapat diperoleh melalui sumber terbuka," jelas Ariandi, dilansir dari detikINET, Sabtu (1/10/2022).

Ariandi juga menyebut data vaksinasi yang dicantumkan Bjorka bukan data terbaru karena Kepala BSSN sudah melakukan booster vaksin. "Terkait vaksinasi, data tersebut tidak update karena Kepala BSSN telah melakukan vaksin booster," tambahnya.



Simak Video "Hacker Bjorka Bersuara soal Penangkapan Pemuda Madiun Diduga Dirinya"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/nor)