Penjelasan Dokter soal Wanita Didiagnosis Leukemia gegara Cat Rambut

Penjelasan Dokter soal Wanita Didiagnosis Leukemia gegara Cat Rambut

Tim detikHealth - detikBali
Jumat, 30 Sep 2022 13:35 WIB
Viral leukemia
Foto: Tangkapan Layar TikTok @yayaeuyyy (diambil atas izin yang bersangkutan)
Denpasar -

Belakangan ini viral video TikTok kisah seorang wanita bernama Nanda asal Bogor yang menceritakan kisahnya didiagnosis leukemia lantaran sering bergonta-ganti cat warna rambut. Benarkah sering bergonta-ganti warna cat rambut bisa membahayakan kesehatan?

Dikutip dari detikHealth, dokter spesialis penyakit dalam subspesialis Hematologi-Onkologi (kanker) Prof dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM menegaskan tidak ada bukti langsung yang menyimpulkan cat rambut menjadi pemicu leukemia.

"Cat rambut tidak merupakan faktor yang signifikan untuk leukemia," kata Prof Zubairi, seperti dikutip dari detikHealth, Jumat (30/9/2022).


Memang ada beberapa jurnal internasional yang membahas mengenai kaitan antara cat rambut dan risiko leukemia. Namun, kesimpulan penelitian tersebut menyebutkan belum ada kaitan langsung antara keduanya.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko leukemia menurut Prof Zubairi salah satunya radiasi dari pajanan nuklir. Terbukti banyak korban ledakan bom atom Hiroshima dan Nagasaki yang mengidap leukemia beberapa tahun setelah kejadian tersebut.

Senada, spesialis onkologi dr Noorwati Sutandyo, SpPD-KHOM, dari RS Kanker Dharmais mengatakan walau paparan zat kimia merupakan faktor risiko kanker pada pemakaian terus menerus, cat rambut bukan merupakan faktor utama penyebab leukemia.

"Terjadinya kanker membutuhkan multifaktor. Apakah pewarna rambut bisa kena kanker, belum tentu juga. Tapi bahwa dia faktor risiko, jawabannya ya," beber dr Noorwati.

Beberapa faktor risiko leukemia antara lain:

  • Paparan radiasi
  • Merokok
  • Riwayat keluarga
  • Mutasi genetik
  • Riwayat down syndrome

Konfirmasi Nanda soal Kisahnya

Kisah yang dibagikan oleh Nanda di akun TikTok pribadinya @yayaeuyyyy. Saat itu ia tidak menyangka gejala yang ia rasakan pada tubuhnya adalah tanda-tanda leukemia.

"Aku harus kasih tau ini ke kalian semua, bukan bermaksud menakut-nakuti, supaya kalian bisa aware sama hal-hal kecil yang contohnya aku aja sama sekali nggak kepikiran aku akan kena penyakit mematikan ini cuma karna hobby aku ganti2 warna cat rambut," ungkap wanita 23 tahun ini kepada detikcom.

Nanda menceritakan gejala awal yang ia rasakan adalah demam yang tak kunjung turun selama lima hari. Selain itu badannya penuh lebam dan memar bak habis kecelakaan.



Simak Video "Denada Ungkap Kondisi Kesehatan Anaknya"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/irb)