Heboh Wanita Didiagnosis Leukemia gegara Gonta-ganti Cat Rambut

Heboh Wanita Didiagnosis Leukemia gegara Gonta-ganti Cat Rambut

Tim detikHealth - detikBali
Kamis, 29 Sep 2022 15:14 WIB
Viral leukemia
Foto: Tangkapan Layar TikTok @yayaeuyyy (diambil atas izin yang bersangkutan)
Denpasar -

Viral video TikTok kisah seorang wanita asal Bogor yang menceritakan kisahnya mengidap leukemia. Dalam narasi video yang dibagikannya dia didiagnosis leukemia karena sering gonta-ganti cat warna rambut.

Dikutip detikHealth, kisah ini dibagikan oleh Nanda di akun TikTok pribadinya @yayaeuyyyy. Saat itu ia tidak menyangka gejala yang ia rasakan pada tubuhnya adalah tanda-tanda leukemia.

"Aku harus kasih tau ini ke kalian semua, bukan bermaksud menakut-nakuti, supaya kalian bisa aware sama hal-hal kecil yang contohnya aku aja sama sekali nggak kepikiran aku akan kena penyakit mematikan ini cuma karna hobby aku ganti2 warna cat rambut," ungkap wanita 23 tahun ini kepada detikcom.


Nanda menceritakan gejala awal yang ia rasakan adalah demam yang tak kunjung turun selama lima hari. Selain itu badannya penuh lebam dan memar bak habis kecelakaan.

Tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan leukemia. Spesialis hematologi dan onkologi dr Aru W Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM dari RS Siloam mengatakan sejauh ini belum ada bukti cat rambut meningkatkan risiko terkena kanker darah. Bisa jadi ada faktor lain di luar hal tersebut yang menyebabkan terjadinya leukemia.

"Belum tentu ada sebab akibat," kata dr Aru dalam pesan singkat kepada detikcom, Kamis (29/9/2022).

Dikutip dari Mayo Clinic, leukemia adalah jenis kanker darah yang disebabkan oleh peningkatan jumlah sel darah putih. Tubuh memang memproduksi darah putih, namun kelebihan kadar leukosit akan berdampak buruk bagi tubuh.

Tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan leukemia. Orang yang mengidapnya biasanya memiliki kromosom tertentu yang tidak biasa, tetapi kromosom tersebut tidak menyebabkan leukemia.

Gejala leukemia bervariasi, tergantung pada jenisnya. Tanda dan gejala leukemia yang umum meliputi:

  • Demam atau kedinginan
  • Kelelahan terus-menerus
  • Penurunan berat badan drastis Pembengkakan kelenjar getah bening, pembesaran hati atau limpa
  • Mudah berdarah atau memar
  • Mimisan berulang
  • Bintik-bintik merah kecil di kulit
  • Keringat berlebihan, terutama di malam hari
  • Nyeri tulang


Simak Video "Polisi di Jambi Tendang Sopir Truk Batu Bara, Berakhir Damai"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/irb)