Luhut: Bos AirAsia Sebut 10 Tahun Lagi Indonesia Kalahkan Malaysia

tim detikFinance - detikBali
Minggu, 04 Sep 2022 07:33 WIB
Momen Menko Luhut Pakaikan Tony Fernandes Kain Adat
Menko Luhut pakaikan bos AirAsia Tony Fernandes kain adat. Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Bali -

CEO Capital A, Tony Fernandes terkejut dengan pencapaian ekspor Indonesia US$ 232 miliar di masa pandemi. Ia bahkan menyebut Indonesia akan mengalahkan Malaysia dalam sepuluh tahun ke depan.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat berada di SMA Unggul Del, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (3/9/2022).

"Nah kalau Anda lihat juga pertumbuhan ekspor kita ini, saya katakan pertumbuhan ekspor kita yang terbesar di dunia sekarang. Kita lebih besar dari Malaysia, kampungnya TonyFernandes," kataLuhut.


Tony bilang sama saya, 'Pak Luhut 10 years Malaysia behind Indonesia (dalam waktu 10 tahun Malaysia bakal ketinggalan dari Indonesia)'," sambungnya, saat memperagakan omongan Tony, seperti dilansir dari detikNews.

Diungkapkan Luhut, Tony Fernandes adalah ekonom dan orang yang terjun langsung ke bisnis dengan maskapai AirASia. Menurutnya, Tony Fernandes mengerti betul dengan hitung-hitungan ini.

"Pak Tony itu seorang ekonom dan seorang yang main di market degan AirAsia-nya. Karena dia tahu, pesawat terbang itu marginnya sangat tipis. Jadi kalau marginnya tidak dihitung dengan benar, itu dia bisa nyungsep," sambungnya.

Luhut juga menyinggung para pengamat yang kerap melontarkan kritik ke pemerintah. Menurut Luhut, saat ini ekonomi Indonesia sedang bagus dibuktikan dengan peningkatan nilai investasi asing.

"Jadi kalau orang tanya, pengamat ngomong sana ngomong situ. Tapi investasi kita double digit. Kita tahun lalu masih 35% FDI, artinya investasi yang dari luar," ujarnya.



Simak Video "Kala Tony Fernandes Jadi Pramugara, Layani Penumpang dan Pungut Sampah"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)