Urutan Planet dalam Tata Surya serta Penjelasannya

Tim detikJabar, Tim detikEdu - detikBali
Kamis, 28 Jul 2022 08:07 WIB
Ilustrasi Tata Surya (NASA/W STENZEL)
Ilustrasi tata surya - Tata surya kita terdiri dari matahari dan delapan planet. Simak urutan planet dalam tata surya serta penjelasannya masing-masing. (Foto: NASA/W STENZEL )
Bali -

Simak artikel berikut ini untuk mengenal nama-nama planet dalam tata surya. Ketahuilah urutan planet dalam tata surya serta penjelasannya masing-masing.

Tata surya kita terdiri dari matahari dan delapan planet. Sebelumnya kita mengenal ada sembilan planet dalam tata surya. Namun, kini planet Pluto tak lagi dikategorikan sebagai planet.

Planet-planet di tata surya biasanya diurutkan berdasar jarak terdekat dengan matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.


Namun jika diurutkan dari yang tercepat, maka urutan rotasi planet adalah Jupiter, Saturnus, Neptunus, Uranus, Bumi, Mars, Merkurius, dan Venus.

Berikut adalah penjelasan masing-masing planet dalam tata surya sebagaimana dirangkum dari detikEdu dan detikJabar:

1. Merkurius

Merupakan planet terkecul di Tata Surya. Saat siang hari, suhu Merkurius menjadi sangat tinggi sebaliknya saat malam hari sangat dingin. Merkurius berotasi penuh terhadap Matahari dalam 88 hari.

Di bagian permukaan Merkurius ada banyak kawah besar yang diduga akibat tabrakan meteroit. Merkurius merupakan planet yang tidak memiliki bulan.

2. Venus

Ukuran Venus hampir seperti Bumi, meski begitu manusia tak bisa hidup di planet ini karena atmosfernnya yang penuh karbon dioksida yang tidak bisa digunakan untuk bernafas.

Venus diselimuti awan yang terbentuk dari asam belerang yang mematikan. Venus berotasi dengan arah putar berlawanan dengan planet lainnya. Rotasinya juga sangat lambat. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.

Venus termasuk planet yang memiliki jarak dekat dengan matahari. Namun, Venus berada di urutan paling terakhir apabila diurutkan berdasarkan periode rotasi.

3. Bumi

Bumi adalah satu-satunya planet di Tata Surya yang dihuni makhluk hidup. Kehidupan bisa ada karena terdapat air yang cair di planet kita ini dimana dua pertiga permukaannya diselimuti air.

Bumi juga diselimuti oleh gas yang disebut atmosfer yang memberi udara untuk bernafas dan melindungi kita dari tabrakan meteorit. Periode rotasi Bumi adalah selama 23,9 jam, sedangkan periode revolusinya adalah selama 365,25 hari.

4. Mars

Mars disebut planet merah akibat debu yang melapisi permukaannya. Ukuran mars hampir setengah dari planet Bumi. Mars mengelilingi matahari dalam waktu 687 hari.

Untuk memutari porosnya, Mars membutuhkan waktu selama 24,6 jam. Mars memiliki lebih banyak bulan daripada Bumi, yaitu sebanyak 2 bulan.



Simak Video "Eksplorasi Mars Berujung Menyisakan Sampah Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]