5 Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid, Bisa dengan Kompres Hangat

tim detikBali - detikBali
Selasa, 26 Jul 2022 22:42 WIB
Makanan yang ampuh atasi nyeri haid
Ilustrasi mengompres perut untuk meredakan nyeri haid. Foto: Getty Images
Bali -

Beberapa perempuan biasa mengalami nyeri haid saat sedang datang bulan. Jika mengalaminya, kamu bisa coba lima cara mudah berikut ini untuk meredakan nyeri haid. Salah satunya, kamu bisa melakukan kompres air hangat di bagian perut yang mengalami sakit.

Nyeri haid sendiri terjadi karena dinding otot rahim mengalami kontraksi kuat. Sehingga menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan sekitarnya. Akibatnya, oksigen yang akan dibawa ke rahim jadi terhambat dan membuat bagian bawah perut terasa nyeri.

Untuk mengatasi nyeri haid yang menyiksa, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini. Mudah dan pastinya bisa dilakukan di rumah, cek selengkapnya, seperti dikutip dari Wolipop.


1. Kompres Perut

Coba cara yang satu ini, mengompres perut dengan air hangat. Caranya, cukup basahi handuk dengan air hangat atau mengisi botol dengan air hangat, lalu tempelkan pada perut bagian bawah yang terasa nyeri. Cara ini dapat membantu otot rahim dan organ sekitarnya rileks dan otomatis meredakan kram perut.

2. Menghindari Celana Ketat

Jangan memakai celana ketat, karena justru dapat membuat perut semakin tertekan dan memperparah nyeri haid. Jadi, kurangi menggunakan celana ketat, karena juga tidak baik untuk kesehatan.

3. Olahraga Ringan

Olahraga bisa membantu meredakan nyeri haid. Cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau bersepeda ringan. Namun, jika tidak memungkinkan sebaiknya tidak dilakukan. Sebagai antisipasi saja, kamu bisa melakukan olahraga rutin sehingga nyeri haid tidak datang.

4. Pijat

Pijat lembut bagian perut dapat membuat otot-otot panggul rileks dan mengurangi kram. Sebelum melakukan pijat, kamu bisa mengoleskan minyak pijat atau body lotion.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika semua cara-cara sederhana tersebit sudah dilakukan tapi masih merasakan nyeri haid, dianjurkan untuk minum obat pereda nyeri. Obat ini bisa dibeli di apotek terdekat atau minta resep dokter.

Demikian informasi lima cara mudah meredakan nyeri haid. Praktis dan pastinya bisa dilakukan di rumah. Jika nyeri haid semakin parah lebih dari 2-3 hari, segera periksakan ke dokter.



Simak Video "Cara Mengompres yang Benar Agar Demam Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)