Monstera White Tiger, Tanaman Hias yang Harganya Bikin Melongo

Chairul Amri Simabur - detikBali
Minggu, 17 Jul 2022 18:40 WIB
Monstera White Tiger
Foto: Chairul Amri Simabur
Tabanan -

Nama Monstera sedang ngetren di kalangan pecinta tanaman hias setidaknya dalam dua tahun terakhir. Sampai sekarang tanaman yang lebih dikenal dengan sebutan Janda Bolong ini masih terbilang ngetren. Terutama untuk jenis Monstera Veriegata White Tiger.

Harganya juga tidak tanggung-tanggung karena bisa mencapai puluhan juta. Ada juga yang harganya tergantung jumlah helai daunnya.

"Satu tanaman harganya bisa Rp 3 sampai Rp 5 juta yang daunnya tiga sampai lima lembar," kata Putu Santika, pemilik Tirta Preamada Plant, Minggu (17/7/2022).

Pemilik Tirta Preamada Plant, Putu Santika, menunjukkan Monstera White Tiger dan beberapa jenis Monstera lain yang dikoleksinya, Minggu (17/7/2022).Pemilik Tirta Preamada Plant, Putu Santika, menunjukkan Monstera White Tiger dan beberapa jenis Monstera lain yang dikoleksinya, Minggu (17/7/2022). Foto: Chairul Amri Simabur



Tapi, sambungnya lagi, harga Monstera White Tiger juga dipengaruhi trah dan corak variegata.

"Semakin bagus coraknya, semakin mahal harganya. Termasuk kesehatan dari Monstera itu sendiri," imbuhnya.

Santika menyebutkan, pamor Monstera sejatinya sudah ngetren sejak dua tahun lalu. Tapi sampai sekarang trennya masih bertahan.

Ia sudah mulai menambah koleksi tanaman hiasnya dengan Monstera sekitar dua tahun lalu, selain bonsai yang sudah lebih awal dimiliki.

"Sudah mulai koleksi sekitar dua tahun lalu. Tetapi tidak kebayang atau mengetahui akan jadi tren," tuturnya.

Waktu itu, ia hanya sekadar mengoleksi untuk kepentingan hobi saja.

Monstera yang ia koleksi pertama kalinya jenis Monstera King yang daunnya lebar dengan warna hijau polos.

"Awalnya, saya beli Monstera King satu daun pancing seharga Rp 1,5 juta. Daun pancingan itu maksudnya untuk pancingan daun berikutnya. Tentu harus dirawat dengan baik," katanya.

Karena hobi dengan tanaman hias, lambat laun ia juga tertarik pada Monstera White Tiger. Kebetulan ada yang menawarkannya melalui ajang jual beli secara online.

"Monstera White Tiger ini belakangan sering dijual lewat lelang online. Apalagi kalau ada yang punya sertifikat karena pernah menang kontes akan lebih mahal lagi," sebutnya.

Selain Monstera White Tiger, menurutnya, ada juga jenis tanaman hias lainnya yang dijual berdasarkan helai daunnya. Tanaman ini masuk spesies Philodendrum yang dinamakan Kabel Busi dan terbagi lagi menjadi tiga jenis. Ada yang biasa, original, dan variegata.

"Yang lagi tren itu Kabel Busi Variegata. Selembar daunnya bisa sampai Rp 15 juta sampai Rp 20 juta. Tapi balik lagi ke kondisi tanamannya. Baik apa atau tidak. Coraknya juga," imbuh Santika.




Simak Video "Menengok Kontes Tanaman Hias di Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)