Cuaca Panas di Bali, Waspada Permasalahan Kulit Wajah

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Kamis, 26 Mei 2022 06:29 WIB
Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin di RS Sanglah, Dr. dr. Ni Wayan Eka Ciptasari, Sp. KK.
Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin di RS Sanglah, Dr. dr. Ni Wayan Eka Ciptasari, Sp. KK. Foto: Istimewa
Denpasar -

Cuaca yang cenderung panas seperti saat ini tak jarang membuat kulit wajah bermasalah.

Terutama bagi mereka yang cenderung beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin di RSUP Sanglah, Dr. dr. Ni Wayan Eka Ciptasari, Sp. KK., rata-rata kulit wajah rentan mengalami beberapa masalah, terutama di musim pancaroba, musim peralihan.


"Keluhan umum pasien rata-rata karena munculnya jerawat, kulit lebih sensitif, dan gampang merah, juga flek. Karena sekarang cuacanya lebih agak panas mungkin keluhan pada kulit akan banyak di kulit yang agak sensitif," kata Dr. dr. Ni Wayan Eka Ciptasari, Sp. KK.

Ia menjelaskan, khususnya bagi seseorang yang biasa beraktivitas dengan terpapar sinar matahari, perawatan kulit yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan penggunaan sunscreen.

Menurutnya, tidak semua orang menyukai dan sering menggunakan sunscreen.

"Padahal sifat sunscreen adalah untuk melindungi kulit. Dan ini tidak bisa dilakukan ketika kita sudah dewasa, tapi harus dimulai dari sedini mungkin," sebutnya, ketika ditemui di RSUP Sanglah pada Rabu (25/5).

Kemudian, setelah pemakaian sunscreen, kata Dr. dr. Ni Wayan Eka Ciptasari, Sp. KK., barulah dilanjutkan dengan perawatan lainnya.

Menurutnya, semahal apapun harga krim atau perawatan yang seseorang lakukan, apabila kulit wajah tidak diproteksi dari paparan sinar matahari, itu akan memberikan efek yang tidak bagus untuk kulit dan sifatnya jangka panjang.

"Salah satunya penuaan dini, lebih gampang berkerut, ada masalah pigmentasi, dan rentetannya akan panjang," ungkap Runner Up II Puteri Indonesia tahun 2001 ini.

Penggunaan sunscreen, menurutnya, dapat segera dilakukan jika seseorang sering melakukan aktivitas di luar ruangan ataupun dalam suatu kondisi di mana ada radiasi ultra violet.

Pemakaian sunscreen ini pun harus disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Ia menuturkan, adapun tips dalam menjaga kesehatan kulit wajah, diantaranya seseorang harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit wajah yang dimiliki.

"Ketika jenis dan kondisi kulit wajah sudah kita ketahui, itu akan membuat kita lebih bijak lagi dalam memilih krim atau apapun yang diaplikasikan ke wajah," terangnya.

Kemudian, ketika telah menemukan skincare yang tepat, janganlah untuk mudah berpaling pada skincare lainnya.

Menurutnya, hal ini biasa terjadi akibat banyaknya iklan dan tren skincare yang berubah-ubah.



Simak Video "Ingin Cantik Natural, Amanda Manopo Tak Mau Operasi Plastik"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)