Tim SEA Games dari Tabanan Sumbang 1 Emas, 1 Perak, 5 Perunggu

Chairul Amri Simabur - detikBali
Rabu, 25 Mei 2022 06:08 WIB
Penyambutan Tim Vovinam Indonesia dari Bali setiba di Jakarta usai mengikuti Sea Games Vietnam 2022, Senin (23/5/2022).
Penyambutan Tim Vovinam Indonesia dari Bali setiba di Jakarta usai mengikuti SEA Games Vietnam 2022, Senin (23/5/2022). (Foto: Istimewa/KONI Tabanan)
Tabanan -

Perjuangan atlet Kabupaten Tabanan yang mewakili Provinsi Bali dalam kontingen Indonesia pada SEA Games Vietnam 2022 tidak sia-sia.

Satu emas, satu perak, dan lima perunggu berhasil disumbangkan untuk Indonesia melalui ajang olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Emas diperoleh Ni Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan dari cabang olahraga (cabor) Vovinam pada nomor pertandingan Female Single Weapon Practice: Yin-Yang Sword Form.


Selain emas, atlet yang kesehariannya akrab disapa Gung Manik itu juga menambah koleksi satu perunggu dari cabor bela diri Vietnam tersebut. Sehingga tim Vovinam yang diampu langsung oleh Ketua Federasi Vovinam Indonesia (FVI) I Nyoman Yamadhiputra menyumbangkan total enam medali.

Lima perunggu disumbangkan oleh atlet Vovinam lainnya yang turun pada nomor beregu maupun tunggal.

Mereka antara lain I Gusti Agung Gede Ary Wirawan, Dewa Gde Tomi Sanjaya, I Nyoman Suryawan, serta satu atlet Vovinam dari Kabupaten Klungkung, I Wayan Sumertayasa.

Berikutnya I Gusti Agung Ngurah Suardyana, Ni Made Ayu Ratih Daneswari, I Wayan Wisma Pratama Putra, Efrie Surya Perdana, dan Kadek Dwi Dharmadi.

Selain cabor Vovinam, cabor Judo juga menambah koleksi medali Indonesia. Satu perak disumbangkan Ni Kadek Anny Pandini.

Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tabanan, I Made Nurbawa mengatakan sebanyak 12 atlet dari Tabanan dikerahkan untuk memperkuat kontingen Indonesia dari perwakilan Provinsi Bali.

Keduabelas atlet dalam SEA Games Vietnam 2022 ini dari tiga cabor, masing-masing 9 orang cabor Vovinam, 2 orang cabor Judo, dan 1 orang cabor Pencak Silat.

"Total (atlet) dari Bali ada 28 orang. Dari jumlah itu, 12 orang di antaranya dari Tabanan. Kurang lebih sekitar 42 persen dari jumlah atlet yang mewakili Bali," jelas Nurbawa, Selasa (24/5/2022).

Ia menyebut, raihan yang diperoleh tim atlet dari Tabanan dalam SEA Games Vietnam 2022 ini cukup memuaskan. Di awal, target yang dipasang maksimal dua emas dari tiga cabor yang diikuti 12 atlet Tabanan tersebut.

"Target awal maksimal dua emas. Kalau dari tiga cabor yakni Judo, Pencak Silat dan Vovinam. Cabor terakhir ini yang targetnya maksimal dua emas. Itupun (satu emas) sudah di tangan. Karena di nomor itu (Gung Manik) pengalaman. Terhitung memuaskan," pungkasnya seraya menyebutkan bahwa kedua belas atlet dari Tabanan itu juga sudah kembali ke Bali pada Senin (23/5/2022) malam. (*)



Simak Video "Ini Besaran Bonus yang Didapat Atlet Peraih Medali SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)