Saling Terkait, 3 Daerah di Aceh Kolaborasi Majukan Pariwisata

Aceh

Saling Terkait, 3 Daerah di Aceh Kolaborasi Majukan Pariwisata

Agus Setyadi - detikSumut
Selasa, 04 Okt 2022 19:00 WIB
Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi (kiri), Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq (tengah), Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto.
Foto: Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi (kiri), Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq (tengah), Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto (Istimwa)
Banda Aceh -

Tiga daerah di Aceh yang menjadi tujuan wisatawan berkolaborasi memajukan pariwisata. Daerah itu adalah Banda Aceh, Sabang, Jantho (Aceh Besar) atau dikenal dengan sebutan Basajan.

Ketiga daerah ini menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Tanah Rencong. Daerah-daerah tersebut memiliki beragam destinasi wisata yang sudah kesohor di kalangan travelers.

Di Aceh Besar misalnya ada Pantai Lampuuk, Lhoknga, Lhok Me, Jantho Panorama Park, aneka kuliner serta lainnya. Banda Aceh punya destinasi lebih lengkap mulai wisata tsunami hingga wisata sejarah.


Sementara di Sabang, terkenal sebagai tempat snorkeling, diving, kilometer nol Indonesia dan lainnya. Ketiga daerah ini saling berkaitan.

Wisatawan dari luar Aceh yang ingin ke Sabang, misalnya, harus melewati Aceh Besar kemudian Banda Aceh. Travelers menyeberang ke Pulau Sabang melalui Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

"Ketiga daerah ini punya potensi dan keunggulan masing-masing. Kami akan terus bersinergi bersama-sama untuk membangun dan mempromosikan sektor pariwisata, agar kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara meningkat," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi kepada wartawan, Selasa (4/9/2022).

Reza mengatakan, ketiga daerah tersebut sepakat untuk kembali meningkatkan kerjasama membangkitkan sektor pariwisata. Hal itu disebut sebagai upaya meningkatkan kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat dari berbagai sektor.

"Dengan tekad bersama, Basajan komitmen dalam meningkatkan perkembangan pariwisata, karena ke tiga wilayah ini saling keterkaitan satu sama lain," ujarnya.

Menurutnya, sejak dideklarasikan pada 2009 silam, Basajan berkomitmen untuk saling bekerjasama regional dalam sektor pariwisata, SDM dan infrastuktur. Selain itu, Basajan juga sebagai salah satu upaya membangun ketiga daerah itu menjadi sebuah kawasan ekonomi baru.

"Selain kerjasama dalam sektor pariwisata ini, di sektor kebudayaan juga bisa diandalkan dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan tentunya ini sangat berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan daerah, yang tentunya dapat pula meningkatkan kesejahteraan masyarakat," sebut Direktur Event Daerah Kemenparekraf ini.



Simak Video "Keren! Jualan Mie Aceh Pakai Bus Mercedes-Benz 508D"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/afb)