10 Objek Wisata Religi dari Berbagai Agama di Kota Medan

Nizar Aldi - detikSumut
Minggu, 14 Agu 2022 10:54 WIB
Masjid Raya Al-Mashun Medan
Masjid Raya Medan (Datuk Haris Molana-detikcom)
Medan -

Kota Medan terkenal dengan masyarakat yang terdiri dari beragam etnik dan agama. Keberagaman ini dibentuk dari sejarah panjang peradaban manusia di ibu kota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Masyarakat Medan menganut beragam agama, mulai dari Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, Konghucu dan aliran kepercayaan yang lain. Setiap Agama mempunyai rumah ibadah yang ikonik dan dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata.

Bagi kamu yang ingin berwisata religi di Kota Medan, berikut 10 objek wisata religi yang bisa kamu kunjungi di Kota Medan:


1. Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Al-Mashun terletak di Jalan Sisingamangaraja, Medan. Masjid ini merupakan bagian dari sejarah kebesaran Kesultanan Melayu Deli di masa lalu.

Masjid yang dibangun di masa kepemimpinan Sultan Ma'mun Al Rasyid ini memadukan gaya arsitektur dari Timur Tengah, Spanyol dan India. Pembangunan masjid memakan waktu tiga tahun, dari 1906 hingga 1909.

Saat bulan Ramadhan, masjid yang menjadi ikon Kota Medan ini memiliki tradisi menyuguhkan bubur sop anyang untuk buka puasa. Masjid ini juga menjadi pilihan favorit masyarakat Medan saat pelaksanaan salat Idul Fitri maupun Idul Adha.

Masjid Raya Al Mashun MedanMasjid Raya Al Mashun Medan Foto: Masjid Raya Al Mashun Medan (Arfah-detikcom)

2. Gereja HKBP Sudirman

Gereja HKBP Sudirman ini terletak di persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan H Misbah, Medan. Bangunan gereja ini berdiri sejak tahun 1954 dan menjadi tempat ibadah bagi umat Kristen bersuku Batak.

Sebelum ada gereja ini, jemaat HKBP yang sudah ada sejak tahun 1912 di Medan sempat beberapa kali berpindah tempat untuk melakukan ibadah. Seperti di gedung Konsistori Gereja Protestantshe Kerk, Gereformeede Kerk, Methodist Boy School.

Sebelum pada akhirnya pada tahun 1952, Wali Kota Medan saat itu Jaidin Purba menyediakan pertapakan pembangunan gereja HKBP di Jalan Sudirman. Lahan seluas 5.425 meter per segi seharga Rp 35 ribu pada saat itu.

Gereja HKBP SudirmanFoto: Gereja HKBP Sudirman (Istimewa)

3. Gereja Katedral Medan

Gereja Katolik ini terletak di Jalan Pemuda, Medan. Pada tahun 1879, gereja ini hanya sebuah gubuk yang beratapkan ijuk dan daun rumbia sebagai tempat ibadah umat Katolik.

Kemudian karena jumlah pemeluk agama Katolik semakin banyak di Kota Medan, akhirnya dimulai lah pembangunan perluasan areal gereja pada tahun 1928. Arsitek yang merancang bangunan gereja seperti saat ini adalah Han Groenewegen dari Belanda.

Gereja Katedral MedanFoto: Gereja Katedral Medan (Aldi/detikSumut)

4. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur terletak di Jalan Hang Tuah, Medan. Berdasarkan website Dinas Pariwisata Medan, vihara ini dibangun pada tahun 1962 dan merupakan vihara Buddha tertua di Kota Medan.

Bangunan vihara ini didominasi oleh warna merah yang berpadu dengan warna kuning. Awalnya vihara ini terbuat dari kayu, kemudian direnovasi menjadi bangunan permanen seperti saat ini.

Umat Buddha biasanya menggunakan vihara ini untuk ibadah setiap harinya. Di vihara ini juga dilakukan berbagai ritual keagamaan mulai dari pengumuman hari ulang tahun Sidharta Gautama, perayaan Imlek dan lainnya.

Vihara Gunung TimurFoto: Vihara Gunung Timur (Istimewa)

Baca daftar tempat wisata religi lainnya di halaman berikut....



Simak Video "Ketenteraman Destinasi Wisata Religi di Desa Blimbingsari Jembrana"
[Gambas:Video 20detik]