Polisi Buru 2 Bule yang Hipnotis Karyawan Toko di Medan

Polisi Buru 2 Bule yang Hipnotis Karyawan Toko di Medan

Goklas Wisely - detikSumut
Sabtu, 01 Okt 2022 22:16 WIB
PS Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa
PS Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa (Goklas/detikSumut)
Medan -

Polisi memburu dua warga negara asing (WNA) diduga mencuri uang dari laci kasir pet shop (toko hewan dan perlengkapannya) di Medan. Keduanya melancarkan aksi dengan menghipnotis karyawan.

"Sampai saat ini kita masih melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Mulai dari CCTV sampai kerugian. Untuk para pelaku kita buru," kata PS Kasat Reskrim Polretabes Medan Kompol Teuku Fathir saat dikonfirmasi detikSumut, Sabtu (1/10/2022).

Dia menegaskan akan menindak tindak kejahatan yang dilakukan WNA tersebut. Sejauh ini, diakuinya belum ada warga yang mengadu menyangkut persoalan yang serupa.


"Ini korban belum membuat laporan juga. Kami sampaikan juga bila ada warga lain yang mendapati peristiwa serupa bila langsung melaporkannya," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, dua orang diduga WNA memperdaya karyawan pet shop di Medan. Mereka membawa kabur uang dari laci kasir setelah menghipnotis karyawan di sana.

Aksi pria dan wanita ini terjadi di toko hewan di Jalan HM Said, di sekitar kawasan Mapolrestabes Medan pada 25 September lalu. Aksi keduanya pun terekam CCTV atau kamera pengawas.

Salah seorang karyawan toko itu, Selviana menjelaskan peristiwa itu berlangsung sore hari sekitar pukul 17.00 WIB. Awalnya ada sepasang suami istri yang masuk untuk berbelanja makanan kucing.

"Terus si cowok belanja Whiskas. Dia mengambil sendiri satu bungkus. Terus teman saya cowok dialihkan oleh si cewek ke depan. Si cowok ini berbicara bahasa Inggris," ujarnya saat diwawancarai, Kamis (29/9/2022).

Selanjutnya, pria asing atau bule tersebut mengeluarkan uang pecahan uang Rp 50 ribu, Rp 20 ribu dan Rp 2 ribu. Setelah itu, ia mengambil uang Rp 20 ribunya karena bule itu seperti tak mengetahui harga Whiskas Rp 6.500 per bungkus.

"Ya udah kuambil uang Rp 20 ribunya, buka laci kasir. Terus saya tidak tahu lagi, seperti tidak sadar. Terakhir dilihat CCTV rupanya si cowok asing ini mengambil uang dari laci," ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada sekitar Rp 500 ribu uang dari dalam laci kasir yang dilarikan oleh dua orang asing itu.



Simak Video "5 Pemuda jadi Tersangka Pembacokan Pelajar di Deli Serdang, Ini Kronologisnya"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)