Peristiwa di Balik Pencopotan AKBP M Hasan dari Kapolres Batang Hari

Round Up

Peristiwa di Balik Pencopotan AKBP M Hasan dari Kapolres Batang Hari

Tim detikSumut - detikSumut
Selasa, 27 Sep 2022 13:14 WIB
AKBP M Hasan saat masih menjabat Kapolres Batang Hari, Jambi. (Foto: Istimewa)
AKBP M Hasan dalam sebuat kesempatan (Foto: Istimewa)
Jambi -

AKBP M Hasan dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Batang Hari, Provinsi Jambi. Dia kemudian dimutasi ke Yanma Polri.

Pencopotan Hasan tertuang dalam TR Kapolri bernomor: ST/2046/IX/KEP/2022 tertanggal 24 September 2022. Ternyata sebelum dicopot, AKBP M Hasan menjalani sidang disiplin. Perwira menengah itu dituduh melakukan pelanggaran yang berkaitan dengan asusila.

AKBP Hasan memang sempat viral di media sosial terkait dugaan melakukan penyalahgunaan rumah dinas nya. Video viral itu disebut pula jika Kapolres dikenakan sanksi sidang disiplin karena menggunakan fasilitas rumah dinas untuk melakukan perbuatan asusila.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto menjelaskan atas perbuatannya itu AKBP Hasan menjalani sidang disiplin pada 14 September 2022. Hasil sidang memutuskan Hasan diberikan sejumlah sanksi disiplin.


"Sidang disiplin ini karena menyalahgunakan fasilitas negara, ya kaitannya dengan adanya video viral itu (asusila). Dari sidang itu juga AKBP Hasan dijatuhkan sanksi seperti teguran tertulis, penundaan untuk mengikuti pendidikan," katanya Senin (26/9/2022).

Kombes Mulia menjelaskan sidang disiplin terhadap AKBP M Hasan digelar oleh Bidpropam Polda Jambi. "Yang menyidangkannya juga dari Propam Polda Jambi ya bukan Mabes Polri," jelasnya.

Mulia menjelaskan jabatan Kapolres Batang Hari kemudian diserahkan ke AKBP Bambang Purwanto yang menjabat sebagai Kasubdit Penegakan Hukum (Gakum) Ditrektorat Lalulintas Polda Jambi.

"Untuk pengganti AKBP M Hasan sebagai Kapolres Batanghari ini ialah AKPB Bambang Purwanto dari Dirlantas Polda Jambi," terangnya.

Mulia juga menyebutkan jika mutasi AKBP Hasan di Yanma Mabes Polri itu bukan dalam proses pemeriksaan. Namun sebagai bentuk mutasi biasa.

"Kalau mutasi ke Yanma ini tidak ada kaitannya dalam proses pemeriksaan ya. Pemeriksaannya ini kan sudah dilakukan di Propam Polda Jambi," terang Mulia.

"Jadi Mutasi dari Kapolres ke atas itu adalah wewenang Kapolri, jadi Kapolres Batang Hari itu dimutasikan ke Mabes Polri tepatnya di Yanma Polri, kemudian digantikan oleh AKPB Bambang Purwanto," sambungnya.



Simak Video "Polisi Ditombak Saat Tangkap Buronan Begal di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)