Aceh

Kepergok Curi Kotak Amal, Residivis di Banda Aceh Dihajar Massa

Agus Setyadi - detikSumut
Selasa, 16 Agu 2022 12:45 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Ilustrasi. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Banda Aceh -

Seorang pria asal Bireuen, Aceh, SY (38) kepergok warga mencuri kotak amal Masjid Darul Makmur, Lambaro Skep, Banda Aceh untuk ketiga kalinya. Pelaku sempat dihajar massa sebelum diamankan polisi.

"Pelaku yang merupakan residivis ini diduga sudah tiga kali mencuri isi kotak amal masjid tersebut. Warga pun memantau gerak-geriknya saat berada di lingkungan masjid," kata Kapolsek Kuta Alam, AKP Muchtar Chalis kepada wartawan, Selasa (16/8/2022).

Kasus pencurian kotak amal itu terjadi pada Sabtu (13/8) siang. Saat kejadian, sejumlah warga memantau kedatangan SY lewat kamera pengawas (CCTV) yang terpasang di masjid.


SY disebut masuk ke dalam masjid dengan modus pura-pura hendak melaksanakan salat. Setelah memantau suasana di masjid, SY lalu mencoba menarik uang dalam kotak amal dengan menggunakan pinset.

Warga yang sudah lama memantau SY disebut langsung menciduknya. Chalis menyebut, SY sempat dihajar massa sehingga harus dibawa ke Biddokkes Polda Aceh untuk diperiksa kesehatannya.

"Kita imbau warga jangan main hakim sendiri, serahkan ke kepolisian, karena kita negara hukum," jelasnya.

Menurut Chalis, pelaku diduga sudah tiga kali mencuri di masjid tersebut pada waktu berbeda. Pertama dia mencuri tanggal 3 Agustus, kemudian berlanjut pada 7 Agustus sekitar jam 17.00 WIB.

"Setiap aksinya SY menguras dua kotak amal. Aksi pelaku saat mencuri terekam CCTV," ujarnya.

Dia menyebut, SY sebelumnya pernah ditangkap Opsnal Satreskrim Polresta Banda Aceh karena membeli motor curian. Dia bebas setelah menjalani hukuman penjara.

"Dia menjalani kurungan penjara selama 1 tahun pada tahun 2015 di LP Kelas II B Banda Aceh," bebernya.

Untuk kasus terbaru, polisi menjerat SY dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara selama tujuh tahun.



Simak Video "Aksi Bak 'Spider-Man' Maling Kotak Amal di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/dpw)