Ibunda Brigadir J Makin Syok Ferdy Sambo Perintah Bunuh Anaknya

Tim detikSumut - detikSumut
Selasa, 09 Agu 2022 20:35 WIB
Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Pembunuhan Brigadir Yoshua
Foto: Istimewa
Medan -

Ibunda Brigadir Nofriansyah Hutabarat alias Brigadir J, Rosti Simanjuntak syok berat mendapati fakta bahwa Irjen Ferdy Sambo yang memerintahkan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menembak anaknya. Dia tak menyangka karena aktor di balik pembunuhan Brigadir J adalah atasannya langsung.

"Istri saya terpukul sekali. Karena atasannya langsung (yang memerintah)," ungkap ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat, Selasa (9/8/2022) malam.

Ayah, ibunda dan beberapa anggota keluarga Brigadir J berkumpul di rumah mereka di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi untuk menyaksikan siaran langsung penetapan tersangka kasus kematian Brigadir J.


Usai mendengar bahwa Irjen Sambo menjadi salah satu tersangka, Rosti langsung lemas.

Akhir-akhir ini, kata Samuel, semenjak kasus ini terekspos ke publik, kondisi kesehatan Rosti terus menurun. Dia bahkan sudah sebulan lebih tak mengajar ke sekolah.

Aktivitas sehari-hari di rumahnya pun dilakukan seadanya. Dia seolah-olah kehilangan motivasi.

"Kemarin pun kami ke rumah sakit, mengecek kesehatannya. Saya lihat istri saya sudah makin lemas," kata Samuel.

"Tadi sesudah mendengar kejadian itu benar-benar diperintahkan oleh Pak Ferdy Sambo, tambah lemas dia," tambahnya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan soal peran Irjen Ferdy Sambi dalam kasus kematian Brigadir J. Kapolri menyebut Irjen Ferdy Sambo memerintahkan penembakan.

"Timsus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J yang menyebabkan Saudara J meninggal dunia yang dilakukan Saudara RE atas perintah Saudara FS," kata Kapolri dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, seperti dilansir dari detikNews, Selasa (9/8/2022).

Irjen Ferdy Sambo sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan pembunuhan Brigadir Norfriansyah Hutabarat. Penetapan tersangka terhadap Irjen Sambo itu disampaikan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Timsus menetapkan saudara FS sebagai tersangka," kata Sigit.

Ferdy Sambo disangkakan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Dia menjadi tersangka keempat dalam kasus ini.



Simak Video "Seperti Apa Sosok Brigadir J Semasa Sekolah? Ini Kata Gurunya"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/afb)