Jambi

Kanit Resmob Polda Jambi Sempat Kritis Usai Ditombak Begal

Ferdi Almunanda - detikSumut
Rabu, 11 Mei 2022 09:17 WIB
Ilustrasi garis polisi dilarang melintas
Foto: Ari Saputra
Jambi -

Personel Polda Jambi AKP Silaen ditombak pelaku begal saat melakukan penangkapan di Seberang Kota Jambi. AKP Silaen disebut sempat kritis karena hal itu.

"Jadi saat ditombak anggota kita ini sempat kritis ya, malah hampir koma, untung segera diselamatkan pihak Rumah Sakit sehingga bisa diselamatkan. Alhamdulilah kondisinya kini selamat," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Kaswandi Irwan, Rabu (11/5/2022).

Saat melakukan penombakan, polisi kemudian ambil tindakan tegas dengan menembak mati pelaku ditempat. Tembakan polisi ini dilakukan sebagai bentuk penyelamatan terhadap Perwira polisi yang ditombak oleh pelaku.


"Kita sudah berikan penjelasan kepada pihak keluarga dari jajaran Polresta, dengan kondisi sebenarnya. Pelaku ini adalah DPO kita, dan sudah lakukan tindak pidana kejahatan di 11 TKP. Dan kita lakukan upaya paksa tembakan tegas terukur yang menyebabkan meninggal dunia karena beresiko terhadap anggota kita yang lain," ujar Kaswandi Irwan.

Saat ini, kondisi AKP Silaen sudah mulai sadar. AKP Silaen sempat tidak sadarkan diri lantaran kondisi bius saat dilakukan operasi di Rumah Sakit Raden Mataher Jambi.

"Sudah sadar, kemaren itu karena kondisinya operasi habis di bius total," ujar Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jambi, Kompol Edy.

Sebelumnya diberitakan, peristiwa penombakan terhadap AKP Silaen ini terjadi pada Selasa (10/5) sekira pukul 18.00Wib. Saat itu polisi mengetahui keberadaan pelaku yang merupakan DPO atas kasus Curat dan Curas di 11 TKP di wilayah Jambi.

Saat penangkapan, pelaku sempat berteriak akan melakukan perlawanan terhadap polisi yang bertugas saat akan ditangkap. Saat itu, pelaku pun menombak salah satu perwira polisi berpangkat AKP yang juga menjabat Kanit Resmob Polda Jambi.

"Iya, anggota kita itu bernama AKP Silaen, kini masih dalam kondisi belum sadar lantaran habis operasi pengangkatan tombak," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Kaswandi Irwan.



Simak Video "Polisi Ditombak Saat Tangkap Buronan Begal di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)