Pelajar SMP di Humbahas Cekik-Pukul Kepala Nenek Pakai Batu Hingga Tewas

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikSumut
Rabu, 13 Apr 2022 12:34 WIB
Tersangka pembunan nenek di Humbahas.
Tersangka pembunuhan nenek di Humbahas. (Foto: Istimewa)
Humbang Hasundutan -

Seorang nenek berusia 60 tahun berinisial RP di Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara menjadi korban kesadisan dua pelajar SMP yang ketahuan mencuri. Dua anak di bawah umur ini mencekik dan memukul kepala nenek itu dengan batu hingga tewas.

Kapolres Humbahas AKBP Acmad Muhaimin mengatakan peristiwa itu terjadi pada 28 Januari 2022. Kedua pelaku yaitu AN (15) dan KN (15) awalnya hanya berniat mencuri di rumah RP. Namun saat melakukan pencurian itu, korban berada di dalam rumah.

"Awalnya niat AN dan KN tidak ada untuk melakukan pembunuhan, hanya mau mencuri uang milik ibu itu, namun saat itu si korban sedang berada di luar rumah, saat itulah mereka berbagi tugas, ada yang mengawasi orang, dan ada yang mengambil uang," kata Acmad, Rabu (13/4/2022).


Acmad menambahkan setelah mencuri uang, pelaku AN lalu bersembunyi di dalam kamar mandi. Saat itu, korban juga masuk ke kamar mandi untuk mencuci.

"Karena si tersangka AN bingung lalu mendorong korban hingga terjatuh lalu mencekik leher korban hingga tidak berdaya," ujarnya.

Tak hanya mencekik, pelaku juga memukul kepala korban menggunakan batu. Korban pun meninggal dunia.

"Melihat korban tidak berdaya, pelaku mengambil satu bongkahan batu kemudian memukulkan ke bagian kepala korban sebanyak dua kali," tutur Acmad.

Setelah melakukan pembunuhan, AN sempat mengambil cincin yang ada di jari korban. AN kemudian meninggalkan lokasi setelah peristiwa itu.

"Tersangka masih sempat mengambil cincin di jari korban, dan mengambil uang di puro (dompet) korban Rp. 1,7 juta, lalu si tersangka AN keluar dari rumah tersebut," jelasnya.

Atas perbuatannya, tersangka AN diancam dengan pasal tentang pembunuhan dengan ancaman 10 tahun penjara. Sementara terhadap KN diancam dengan pasal pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara.

Ada satu orang lagi yang ditangkap polisi yaitu DL (23). Dia berperan sebagai penadah emas yang dicuri. Dia terancam pidana 4 tahun penjara.



Simak Video "Pembunuhan Sadis Warga di Papua Diduga Libatkan 6 Prajurit TNI"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/dpw)