RKI Docs Promosikan Geopark Kaldera Toba Lewat Film Anak Danau

Tim detikSumut - detikSumut
Minggu, 24 Apr 2022 04:38 WIB
Pemutaran perdana film Anak Danau di DCaldera Coffee.
Pemutaran perdana film Anak Danau di D'Caldera Coffee. Foto: baringin gaol/detiksumut
Medan -

Sineas Sumatra Utara (Sumut) yang tergabung dalam Rumah Karya Indonesia (RKI) Docs menggelar pemutaran perdana film berjudul Anak Danau. Pemutaran film petualangan anak di Kawasan Geopark Kaldera Toba (GKT) tersebut dilaksanakan di D'Caldera Coffee Medan, Kamis (24/4/2022).

Film yang digarap 10 episode ini mengangkat perjuangan anak perempuan bernama Tiara yang ditemani dua sahabatnya. Tiara bertualang di Kawasan Danau Toba untuk menyelamatkan ibunya dari niat jahat ayah tirinya.

Selain menawarkan cerita menarik tentang kehidupan bocah - bocah dengan ketulusan hati melindungi orang tua, film ini juga menjadi wadah untuk memperkenalkan GKT kepada publik.


Seluruh penggarapan film ini secara langsung akan memperkenalkan 16 geosite di GKT. Alasan memilih GKT sebagai lokasi penggarapan film, karena RKI yang merupakan wadah kreatif memiliki tanggung jawab untuk membesarkan Danau Toba.

"Membesarkan lewat kemampuan sinematografi kita. Karena kita meyakini dengan menampilkan 16 geosite maka kita masyarakat juga akan teredukasi untuk menjaga dan melestarikan GKT," terang Sutradara Anak Danau, Ori Semloko.

Ori Semloko menambahkan bahwa film Anak Danau akan ditayangkan di channel youtube milik RKI. Namun sebelum penayangan secara resmi, RKI Docs akan melakukan workshop di seluruh Kabupaten di Kawasan Danau Toba.

RKI Docs dalam pemaparan Ori memiliki tiga program unggulan yaitu, yang pertama ├ękshibisi, edukasi dan produksi. Ketiga program ini diharapkan akan menjembatani pengembangan dunia kreatif dalam bidang sinematografi di Sumut.

"Eksibisi yaitu pemutaran dan diskusi film-film sineas Medan. Edukasi, yaitu ruang untuk pembelajaran orang-orang yang memiliki minat film. Kemudian yang ketiga adalah produksi, dalam produksi ini RKI Docs terbuka untuk menggarap film seri, film dokumenter, dan film fiksi," ujarnya.

Umaru Shoddiq Marbun, pemilik Production House Dshine yang hadir dalam pemutaran Anak Danau ini mengapresiasi keberanian RKI Docs mengangkat kearifan budaya yang ada di Danau Toba. Menurutnya, Sumut memiliki keberagaman budaya yang sangat unik dan kaya. "Hal itu aja digarap dengan baik anak menghasilkan karya yang luar biasa," jelasnya.



Simak Video "Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan & Empat KMP di Kawasan Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)