Pria di Jambi Viral gegara Beli Mobil Pakai Koin

Jambi

Pria di Jambi Viral gegara Beli Mobil Pakai Koin

Ferdi Almunanda - detikSumut
Selasa, 04 Okt 2022 14:04 WIB
Beli mobil pakai koin.
Pria di Jambi beli mobil pakai koin. (Foto: Istimewa)
Jambi -

Warga Kota Jambi bernama Agus Riyanto menjadi viral di media sosial setelah membeli mobil seharga Rp 168 juta menggunakan uang koin. Agus membawa uang koin itu ke dealer dengan cara dimasukkan ke dalam botol air minum kemasan dan toples permen yang disatukan dalam karung.

Uang koin yang dimiliki Agus ini dikumpulkannya selama dua tahun. Uang koin pecahan Rp 1.000 itu dibawa oleh Agus bersama anak dan istrinya ke dealer Toyota di kawasan Sipin Kota Jambi.

"Ini uang kita kumpulkan selama dua tahun dari hasil nabung-nabung. Lalu karena ada uangnya saya belikan ke mobil yang sudah saya niatkan bersama istri," kata Agus kepada detikSumut, Selasa, (4/10/2022).


Agus merupakan pedagang makanan itu berusaha mengumpulkan uangnya sejak lama. Dia meniatkan membeli mobil idamannya itu setelah uang hasil berjualan tersebut terkumpul.

Dengan membawa uang koin diletakan di dalam karung, cara Agus membeli mobil itu membuat seluruh karyawan dealer harus bekerja ekstra untuk menghitung uang koin pecahan Rp 1.000 yang dibawanya. Pihak dealer harus berupaya dalam proses penghitungan yang memakan waktu sekitar hampir lima jam.

"Jadi setiap dapat uang pecahan Rp 1.000 hasil dagang, saya masukkan ke dalam toples hingga botol air mineral, jadi karena sering kumpul uang itu saya bawa ke dealer buat tambahan beli mobil yang diinginkannya secara cash," katanya.

Beli mobil pakai koin.Sales dealer menghitung koin yang dipakai beli mobil. (Foto: Istimewa)

Total uang koin yang dimiliki Agus ini dihitung oleh pihak dealer sebanyak Rp 18 juta. Uang itu buat tambahan uang yang kurang untuk pembelian mobil Toyota Calya yang diinginkannya.

"Untuk awalnya kan kita sudah bayar Rp150 juta, kemarin itu saya minta cash tempo beli kendaraannya, dan setelah uang sisa pembayaran ada, lalu kemarin saya bawa uang tambahannya buat lunasi mobil itu," ucap Agus.

Sementara, pihak dealer mengaku ini kali pertama pembelian mobil di dealer Toyota Sipin Kota Jambi menggunakan uang koin. Meski total uang koin yang dibawa hanya Rp 18 juta namun proses menghitung uang milik Agus itu cukup memakan waktu.



Simak Video "Hanya 4 Bulan H. Endang Kumpulkan Uang Koin untuk Beli Mobil Setengah Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)