Riau

Begini Strategi Warung Nasi Padang di Pekanbaru Siasati Mahalnya Harga Cabai

Raja Adil Siregar - detikSumut
Jumat, 08 Jul 2022 18:37 WIB
Menu di Warung Nasi Padang.
Menu di Warung Nasi Padang. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pekanbaru -

Kenaikan harga cabai merah mulai memberatkan pemilik warung Nasi Padang di Pekanbaru. Pemilik warung terpaksa mengatur strategi untuk menyiasati mahalnya harga cabai itu agar mereka tetap berjualan.

Salah satunya adalah Adi, pemilik usaha Nasi Padang di Jalan Cipta Karya Ujung, Pekanbaru. Ia mengeluh kenaikan harga cabai yang kian mencekik.

"Ini naik terus, kalau kami pemilik usaha begini pasti terasa. Apalagi semua pasti butuh cabai," ucap Adi saat dikonfirmasi, Jumat (8/7/2022).


Adi dan pedagang lain terpaksa memutar otak, mengatur strategi agar tetap berjualan. Strategi itu antara lain mengurangi bahan baku cabai merah untuk masakan tertentu.

"Kalau kami biasanya mengurangi bahan dari cabai merah. Jadi porsi cabai merah dikurangi kalau untuk masakan yang pakai cabai," kata Adi.

Selain mengurangi porsi cabai, Adi juga membeli cabai merah yang sudah patah-patah. Dengan begitu harga cabai bisa lebih murah dari harga pasaran saat ini.

"Ada beli cabai yang sudah patah. Tapi kan cabai itu masih bagus, hanya patah aja dan itu lebih murah sedikit," katanya.

Strategi terakhir adalah dengan membeli cabai merah kering yang harganya lebih murah. Namun, Adi tidak menggunakan strategi itu karena dinilai akan menurunkan kualitas.

"Kalau kami biasa pakai yang kurangi cabai sama beli cabai patah-patah yang masih bagus. Kalau kurangi cabai itu sudah pasti semua pedagang mengurangi cabai," tegas Adi.

Hal senada diungkapkan Hendra, pemilik warung nasi Padang itu mengaku harus mengrangi penggunaan cabai karena harga mahal.

"Kami kurangi cabai saat ini. Karena kalau enggak harga tidak sesuai jualnya, untung nggak ada nanti," katanya.

Harga cabai merah di pasar tradisional di Pekanbaru masih bertahan mahal pada kisaran Rp 100 ribu - 120 ribu per kg. Harga itu naik lagi setelah sempat turun Rp 85 ribu per kg, beberapa hari lalu.

Harga cabai merah di Pasar Pagi Arengka dan Pasar Cik Puan misalnya, hari ini masih kisaran Rp 100 ribu - 120 ribu per kg. Kenaikan harga sudah terjadi sejak sebulan terakhir.

"Harga naik itu sebenarnya sejak lebaran kemarin. Cuma naik sampai Rp 100 ribu per kg itu sekitar 1 bulanan lebih," terang pedagang Pasar Pagi Arengka.



Simak Video "Tolak Aksi Nepotisme, Guru SD di Riau Mogok Mengajar"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dpw)