Profil Aulia Rachman yang Dicopot dari Sekretaris Gerindra Sumut

Profil Aulia Rachman yang Dicopot dari Sekretaris Gerindra Sumut

Tim detikSumut - detikSumut
Sabtu, 26 Nov 2022 15:00 WIB
Aulia Rachman saat tiba di Bandara Kualamu usai dipanggil Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra.
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman (Nizar Aldi/detikSumut)
Medan -

Aulia Rachman dicopot dari jabatan Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumatera Utara. Posisi yang ditinggalkan Aulia kini diisi oleh Sugiat Santoso.

Sebenarnya siapa Aulia Rachman, berikut ini profil singkatnya yang dirangkum detikSumut dari berbagai sumber.

Aulia sebenarnya baru setahun menjabat Sekretaris DPD Gerindra Sumut. Dia menjadi Sekretaris DPD menggantikan Robert L Tobing sejak September 2021.


Sebelum memegang jabatan elit di Gerindra, Aulia adalah Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Medan Deli. Kemudian pada Pemilu 2019 lalu, terpilih menjadi anggota DPRD Medan dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Belawan dan Medan Marelan dengan perolehan 14.061 suara.

Di DPRD Medan Aulia ditunjuk untuk mengisi jabatan Ketua Komisi II yang membidangi kesejahteraan masyarakat. Pada 2020 Aulia sempat membuat heboh dengan membuat surat permintaan sumbangan ke PT Sun Kado.

Surat dengan kop surat DPRD Medan nomor 16/4 Komisi II DPRD Medan/2020 berisi tentang permohonan bantuan kepada PT Sun Kado untuk masyarakat yang terdampak COVID -19 khususnya yang berada di Kelurahan Mabar. Anehnya surat itu justru berstempel Fraksi Gerindra, bukan stempel DPRD Medan.

Peristiwa itu membuat Aulia diadukan ke Badan Kehormatan DPRD Medan oleh Badko HMI Sumut. Setelah berproses Aulia diberikan sanksi teguran.

Tidak lama Aulia berkarir di DPRD Medan. Sebab, di Pilkada 2020 Aulia ditunjuk Partai Gerindra menjadi Calon Wakil Wali Kota Medan mendampingi Bobby Nasution.

Bobby-Aulia berhasil memenangkan Pilkada 2020 setelah mengalahkan petahana Akhyar Nasution - Salman Alfarisi.

Pencopotan Aulia Rachman sebagai Sekretaris DPD Gerindra Sumut dikaitkan dengan pertemuannya bersama Anies Baswedan di sebuah kedai durian. Pertemuan itu membuat Aulia sampai dipanggil Mahkamah Partai.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut pergantian atau pergeseran jabatan adalah hal biasa. Meski Aulia baru setahun menjabat.

"Revitalisasi atau pergantian pengurus di Gerindra itu adalah hal yang lumrah dan biasa," ujarnya dilansir detikNews, Jumat (25/11/2022).



Simak Video "Gerindra Bantah Copot Aulia Rachman Gegara Foto Bareng Anies"
[Gambas:Video 20detik]