Profil Waterpauw, Eks Kapolda Sumut Somasi Pengacara Lukas Enembe

Papua

Profil Waterpauw, Eks Kapolda Sumut Somasi Pengacara Lukas Enembe

Tim detikNews - detikSumut
Selasa, 27 Sep 2022 19:30 WIB
Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw
Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw (Foto: Istimewa)
Medan -

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw melayangkan somasi pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe. Somasi itu disampaikan Paulus karena tidak terima dikait-kaitkan dengan masalah hukum yang menjerat Lukas.

Sebenarnya siapa Paulus Waterpauw, berikut profil singkatnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Dilansir detikNews, Selasa (27/8/2022) Paulus sebelum menjabat Pj Gubernur Papua Barat memiliki karir mentereng di Polri. Dia adalah jenderal bintang tiga.


Nama Lengkap: Paulus Waterpauw
Tempat Lahir: Fakfak
Tanggal Lahir: 25 Oktober 1963
Pendidikan: Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1987.

Paulus Waterpauw Jadi Polisi Karena Ayah

Paulus Waterpauw sudah bercita-cita menjadi polisi sejak kecil. Paulus Waterpauw ingin menjadi polisi karena ingin mengikuti jejak langkah ayahnya, Ferdinan Waterpauw yang juga seorang polisi.

Kapolres Mimika hingga Kapolda Papua

Paulus Waterpauw pernah menjabat sebagai Kapolres Mimika. Karier Paulus Waterpauw pun semakin moncer. Ia kemudian menjabat sebagai Kapolresta Jayapura. Kariernya makin meningkat, sehingga ia pun ditunjuk sebagai Kapolda Papua. Usai menjabat sebagai Kapolda Papua, Paulus Waterpauw menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Pernah Jadi Kabaintelkam Polri

Paulus Waterpauw pernah menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Paulus Waterpauw resmi meraih jabatan itu pada 18 Februari 2021. Paulus Waterpauw berkomitmen untuk menjadi pion orang Papua.

Pernah Pegang Posisi di Lemhannas

Paulus Waterpauw kian moncer. Usai menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara, Paulus Waterpauw dipindahkan ke Lembaga Pertahanan dan Keamanan Nasional (Lemhannas). Pemindahan posisi Paulus Waterpauw ini tertuang dalam Surat Telegram Kepala Kepolisian Republik Indonesia No: ST/ 2015/VIII/KEP/2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Paulus Jenderal Bintang 3 Polisi Pertama dari Papua. Selengkapnya di Halaman Selanjutnya..



Simak Video "Untung Rugi Penunjukan Pj Kepala Daerah oleh Kemendagri"
[Gambas:Video 20detik]