Warga Mukomuko Temukan Jejak 2 Ekor Harimau di Wilayah Pemukiman

Bengkulu

Warga Mukomuko Temukan Jejak 2 Ekor Harimau di Wilayah Pemukiman

Hery Supandi - detikSumut
Sabtu, 24 Sep 2022 21:13 WIB
PERTH, AUSTRALIA - JULY 29: Jaya, the 14-year-old Sumatran tiger, enjoys enrichment treats at Perth Zoo on July 29, 2022 in Perth, Australia. World Tiger Day is an annual celebration to raise awareness for tiger conservation. (Photo by Matt Jelonek/Getty Images)
Ilustrasi Harimau Sumatera (Getty Images/Matt Jelonek)
Bengkulu -

Warga Desa Ujung dan Bandar Ratu Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dikejutkan dengan penemuan jejak harimau. Jejak telapak kaki mirip harimau itu ditemukan tepat di belakang Perumahan Danau Nibung.

"Warga yang melihat langsung jejak tersebut menduga kalau jejak tersebut milik dua ekor harimau yang berbeda ukuran," kata Ketua RT 08, Fery Irawan, Sabtu (24/9/2022).

Ia pun meminta warga untuk waspada saat pergi ke ladang. Ferry juga sudah berkoordinasi dengan pihak BKSDA atas temuan tersebut.


"Meski belum dipastikan itulah adalah jejak harimau, warga diharapkan untuk hati-hati, jika ingin ke wilayah plasma," jelas Fery.

Warga menemukan diduga jejak harimau di Mukomuko, Bengkulu. (Foto: Istimewa)Warga menemukan diduga jejak harimau di Mukomuko, Bengkulu. (Foto: Istimewa)

Ketua yayasan Lingkar Inisiatif Indonesia, Iswadi mengungkapkan, memang kawasan itu merupakan habitat harimau. Namun jejak yang ditemukan warga tersebut tidak mirip jejak harimau, melainkan mirip jejak macan dahan.

"Kalau dari foto yang dikirim warga, jejaknya ada lancip kedepan, mirip dengan jejak macan dahan," ungkap Iswadi saat dihubungi.

Meski demikian Iswadi meminta warga tetap waspada dan mengurangi aktivitas karena di wilayah itu ada history konflik dengan harimau.

"Kalau berada di wilayah kawasan hutan itu tidak bisa dikatakan konflik karena kawasan hutan memang habitatnya harimau," tutup Iswadi.

Diketahui pada awal tahun 2022 lalu, tiga ternak warga mati dimangsa harimau, dan sebelumnya ada dua ekor ternak yang juga mati.

Daftar Teror Harimau Sumatera di Provinsi Bengkulu

1. Bulan Juli hingga September 2021, warga sering melihat kemunculan Harimau Sumatera lebih dari satu ekor,
2. Bulan September 2021, tiga ekor sapi milik Wiyono dimangsa Harimau Sumatera.
3. 19 Desember 2021, dua ekor sapi milik Suratmin dimangsa Harimau Sumatera.
4. 24 Desember 2021, Wagiman melihat Harimau Sumatera saat panen Sawit, tidak jauh dari TKP sapi milik Suratmin dimangsa.
5. 11 Januari 2022, warga menemukan jejak Harimau Sumatera di jalan desa.



Simak Video "Selamat! Ashanty Jadi Duta Provinsi Bengkulu"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)