Ketua Dewan Pers Azyumardi Wafat, Gubri Sampaikan Dukacita Mendalam

Riau

Ketua Dewan Pers Azyumardi Wafat, Gubri Sampaikan Dukacita Mendalam

Sukma Nur Fitriana - detikSumut
Minggu, 18 Sep 2022 14:56 WIB
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra
Foto: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra (Anggi-detikcom)
Jakarta -

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia setelah sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia. Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan dukacita mendalam.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami menyampaikan ucapan belasungkawa yang sangat mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah Prof Dr Azyumardi Azra. Kita merasa sangat kehilangan salah seorang cendekiawan muslim terkemuka di Tanah Air," ucap Syamsuar dalam keterangan tertulis, Minggu (18/9/2022).

Diketahui, Azyumardi Azra adalah Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang saat itu bertolak ke Malaysia sebagai narasumber dalam suatu acara seminar. Namun, kondisinya memburuk saat berada di pesawat menuju Malaysia.


Sebelum meninggal, Azyumardi sempat dilarikan ke rumah sakit setempat dan mendapatkan perawatan intensif, namun ia menghembuskan nafas terakhirnya hari ini.

Syamsuar yang saat ini sedang berada di Kairo, Mesir dalam rangkaian ibadah umrah ke Mekkah mendoakan almarhum Azyumardi mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Sebagai informasi, selain bersilaturahmi dengan para mahasiswa asal Riau di Mesir, Syamsuar juga berencana akan bertemu dengan petinggi Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir. Dalam pertemuan tersebut akan ada beberapa hal yang ingin dibahas dan upaya kerja sama dengan Universitas Al-Azhar.

(akd/ega)