Berita Nasional

Baju Adat Bangka Belitung yang Dipakai Jokowi Bernama Paksian

Tim detikNews - detikSumut
Selasa, 16 Agu 2022 10:48 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat dari Bangka Belitung saat menghadiri sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen. Baju adat itu bernama Paksian.

Sekretaris Pribadi (Sespri) Presiden Jokowi Anggit Nugroho menjelaskan baju Paksian merupakan pilihan langsung dari Presiden Jokowi.

"Untuk tanggal 16 Presiden memilih baju adat Paksian dari Bangka Belitung," ujarnya dikutip dari detikNews, Selasa (16/8/2022).


Dijelaskannya baju adat Paksian itu diperoleh langsung dari pengrajin lokal yang ada di Bangka Belitung. "Pihak Sespri menyampaikan ukuran baju dan celana Presiden, mereka yang menjahit dan menyiapkan baju beserta aksesorisnya dalam waktu sekitar tiga hari," ungkapnya.

"Baju ini terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka. Sedangkan untuk penutup kepala dipakaikan sungkon. Pada baju terdapat ornamen hiasan bermotif Pucuk Rebung. Sebenarnya warna asli baju adat Ini berwarna merah, namun selaras dengan perkembangan zaman warna baju menyesuaikan selera pemakainya," sambungnya.

Sedangkan busana yang digunakan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo tidak disiapkan secara khusus oleh sespri. Iriana disebut menyiapkan sendiri busana yang akan dikenakannya.

"Dari mulai desain, pemilihan bahan hingga menjadi baju siap pakai," ujar Iriana.

Diberitakan sebelumnya Jokowi dan Iriana tiba di gedung DPR/MPR sekitar pukul 08.55 WIB, Selasa (16/8/2022). Jokowi dikawal oleh anggota Paspampres.

Jokowi langsung bersalaman dengan sejumlah pejabat yang hadir. Jokowi juga berfoto bersama para pimpinan lembaga negara. Tampak hadir dalam foto tersebut Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua MK Anwar Usman hingga Ketua DPR Nyalla Mahmud Mattalitti.

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf Amin beserta istrinya juga sudah tiba untuk mengikuti Sidang Tahunan MPR. Selain Ma'ruf, para pejabat di Kabinet Indonesia Maju terpantau sudah hadir.

(astj/astj)