Berita Nasional

Beda dengan Jokowi, Ma'ru Amin Pakai Baju Adat Solo di Sidang MPR

Tim detikNews - detikSumut
Selasa, 16 Agu 2022 10:04 WIB
Maruf Amin pakai baju adat Solo di Sidang Tahunan MPR
Ma'ruf Amin dan istri (Foto: dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut menghadiri sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan. Ditemani istri, Ma'ruf Amin terlihat menggunakan pakaian adat Solo, Jawa Tengah.

Yang dipakai eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berbeda dengan Presiden Jokowi, karena presiden memakai pakaian adat dari Bangka Belitung.

Berdasarkan keterangan dari Setwapres yang diterima Selasa (16/8/2022), Ma'ruf Amin hadir dengan mengenakan pakaian khas Keraton Surakarta, sedangkan istrinya Wury mengenakan pakaian nasional kebaya berwarna hijau.


Ma'ruf mengenakan pakaian atas berupa setelan Sikepan hitam dipadu dalaman putih dengan hiasan rantai arloji di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai Blangkon Trepes (rata bagian belakang). Adapun bawahannya, Ma'ruf memakai kain jarik batik cokelat motif Sidomukti dan selop berwarna emas.

Ibu Wury mengenakan kebaya kartini bernuansa hijau dipadu dengan kerudung berwarna senada, yang dipasangkan dengan bawahan kain batik dan selendang berwarna gelap.

Usai menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD ini, sekitar pukul 13.30 WIB di tempat yang sama, Ma'ruf juga akan menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2022-2023, sekaligus mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya.

Pada malam harinya pukul 24.00 WIB, Wapres ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata untuk menghadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS).





Simak Video "Wapres: Kita Mengarah dari Pandemi ke Endemi, Tapi Masih Perlu Dikaji"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)