Aceh

Meriahkan HUT RI, Kemendagri Bagi 10 Juta Bendera Merah Putih

Agus Setyadi - detikSumut
Sabtu, 13 Agu 2022 14:41 WIB
Wamendagri John Wempi Wetipo membagikan bendera merah putih secara simbolis ke perwakilan berbagai tokoh di Aceh.
Wamendagri John Wempi Wetipo membagikan bendera merah putih secara simbolis ke perwakilan berbagai tokoh di Aceh. (Foto: Agus Setyadi/detikSumut)
Banda Aceh -

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo membagikan bendera merah putih secara simbolis ke perwakilan berbagai tokoh di Aceh. Bendera itu dibagi untuk menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Pantauan detikSumut, pembagian bendera itu digelar pada acara pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih yang berlangsung di Taman Sari, Kota Banda Aceh, Sabtu (13/8/2022). John menyerahkan langsung bendera itu secara simbolis ke perwakilan tiga bupati/wali kota, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki serta perwakilan berbagai tokoh.

Sejumlah siswa sekolah dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Para siswa masing-masing memegang bendera berukuran kecil di tangan mereka.


John mengatakan, ada tiga lokasi pencanangan program 10 Juta Bendera Merah Putih tersebut, Merauke, Surabaya dan Aceh. Pembagian bendera itu merupakan program Kemendagri untuk menggelorakan semangat perjuangan dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia.

"Kemarin bapak Mendagri telah mencanangkan program ini di Merauke dan hari ini saya hadir di Aceh untuk mengokohkan rasa kebersamaan, persaudaraan, kekeluargaan," kata John kepada wartawan.

Menurutnya, dengan adanya program tersebut diharapkan dapat memupuk rasa persaudaraan serta bhinneka tunggal ika. Dia menjelaskan, program itu digagas untuk menggelorakan semangat patriotisme serta memeriahkan hari kemerdekaan.

"Selama pandemi COVID kita tidak lakukan perayaan sebagaimana kita lakukan hari ini," ujar John.

John mengajak masyarakat dari Sabang sampai Merauke untuk terus menggelorakan semangat perjuangan serta menyemarakkan perayaan HUT RI. 10 juta bendera yang dibagikan disebut menggunakan anggaran pusat.

"Bendera yang dibagi ini tidak menggunakan anggaran daerah. Ini murni gagasan Kemendagri dan disalurkan ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia," jelas John.



Simak Video "Prosesi Penyerahan Duplikat Bendera Merah Putih dan Naskah Proklamasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)