Padang

Anak dan Menantu Jokowi Ngumpul di Padang Hadiri Rakernas Apeksi

Jeka Kampai - detikSumut
Minggu, 07 Agu 2022 14:29 WIB
Ilustrasi: Rakernas APEKSI ke-XV, Padang, Sumbar. Istimewa
Foto: Ilustrasi: Rakernas APEKSI ke-XV, Padang, Sumbar. Istimewa
Padang -

Wali Kota se-Indonesia berkumpul di Padang, Sumatera Barat dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi ) ke-XV. Dua diantara Wali Kota tersebut adalah putra dan menantu Presiden Jokowi, yakni Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Wali Kota Padang, Hendri Septa menyebutkan, tahun ini Kota Padang memang ditunjuk sebagai tuan rumah Rakernas yang akan dirangkai sekaligus dengan Indonesian City Expo (ICE) ke-18.

"Hari ini, semua delegasi sudah sampai di Padang. Malam ini, sesuai agenda akan ada gala dinner," kata Hendri kepada wartawan, Minggu (7/8/2022).


Rakernas menjadi momentum kebangkitan ekonomi daerah di tengah pandemi. Sejak dua tahun terakhir, Apeksi tidak melakukan pertemuan sekelas Rakernas akibat pandemi covid.

Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kota Padang menyiapkan sejumlah kegiatan sebagai pendukung hajatan besar bagi 98 kota di tanah air tersebut. "Insya Allah, Rakernas ini lebih semarak," kata dia.

Selain pawai budaya nusantara, akan ada ladies program, city tour dan kegiatan khsusus di padang, seperti penanaman pohon di kebun Apeksi, bikin rendang atau Marandang oleh para wali kota.

Selain menjadi ajang silaturahmi dan tukar pikiran antar kota di Indonesia, Rakernas diharapkan menjadi pertemuan untuk meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang antar kota, yang pada gilirannya menjadikan momentum peningkatan ekonomi daerah.

Apeksi saat ini dipimpin Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bogor. Sedangkan di Wilayah Sumatera, saat ini Apeksi dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution.



Simak Video "Pengamat Soal Peluang Bobby Nasution Pimpin Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)