Shinzo Abe Tewas Ditembak, Warga Medan Sampaikan Duka Cita di Konjen Jepang

Goklas Wisely - detikSumut
Senin, 11 Jul 2022 13:09 WIB
Warga Medan mengisi buku ucapan duka cita untuk Shinzo Abe.
Warga Medan mengisi buku ucapan duka cita untuk Shinzo Abe. (Foto: Goklas Wisely/detikSumut)
Medan -

Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Sumatera Utara membuka ruang kepada warga untuk menyampaikan ucapan duka cita atau bela sungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Warga Medan difasilitasi untuk mengisi buku ucapan duka cita di perpustakaan Konsulat Jenderal Jepang, Sinar Mas Land Plaza lantai 5, Jalan Diponegoro No. 18, Medan.

Pantauan detikSumut di lokasi, Senin (11/7/2022) pukul 11.00, banyak warga Medan yang berkunjung ke kantor Konjen Jepang. Mereka memang ingin menyampaikan ucapan duka cita melalui buku yang sudah disiapkan pihak Konjen Jepang.


Buku yang disediakan bersampul hitam dan diletakkan di meja dengan sebuah pulpen. Ada foto Shinzo Abe dipajang di meja itu. Di samping kiri dan kanan foto itu, ada buket bunga krisan dan mawar dalam vas. Warna bunga itu dominasi kuning dan putih.

Warga Medan mengisi buku ucapan duka cita untuk Shinzo Abe.Warga Medan mengisi buku ucapan duka cita untuk Shinzo Abe. (Foto: Goklas Wisely/detikSumut)

Salah seorang tokoh yang datang "melayat" ke Konjen Jepang hari ini adalah Konsul Kehormatan Polandia di Medan, Jonner Napitupulu. Usai mengisi buku ucapan duka cita, dia menyampaikan rasa belasungkawanya.

"Ya tentu saja sebagai warga Indonesia dan sebagai Konsul Kehormatan Polandia, kita merasa Indonesia dekat dengan Shinzo Abe. Di masanya kita tahu hubungan yang baik terbangun terus," ucapnya.

Menurut dia, sepanjang kepemimpinan Shinzo Abe, hubungan baik antara Indonesia dengan Jepang makin kuat.

Adapun pengisian buku ucapan duka cita ini dibuka Konjen Jepang selama dua hari atau sampai besok, Selasa (12/7).

"Setelah kami mendapat informasi bahwa mantan Perdana Menteri Shinzo Abe meninggal. Kami membuka ruang kepada warga Sumut yang ingin menulis buku duka cita di kantor ini," kata Konjen Jepang di Medan Takonai Susumu.

Selain mengisi buku duka cita, warga juga diizinkan untuk mengirim karangan bunga ke kantor itu.

Takonai menjelaskan, selama Shinzo Abe menjabat, beberapa kali pernah berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.Hubungan kedua negara sangat baik. Shinzo Abe juga menyambut kedatangan Jokowi ke Jepang.

"Kami tentu saja akan melakukan hal yang sama yakni melanjutkan persahabatan baik kepada pemerintah Kota Medan. Kami baru buka tadi sekitar pukul 10.00 WIB dan sudah banyak warga Sumut yang berdatangan," ungkapnya.

Sementara di luar gedung itu, papan buka berisi ucapan duka cita berjejer di pinggir jalan. Terlihat, salah satu pejabat yang mengirimkan papan bunga adalah Kapolda Sumatera Utara, Irjen Panca Putra Simanjuntak.

Sebelumnya, mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe tewas ditembak di pinggir jalan di Kota Nara, Jepang, Jumat pekan lalu. Saat itu, Abe tengah berpidato.

Tiba-tiba, seorang penembak yang belakangan diketahui mantan pasukan AL Jepang menembak Abe dari jarak dekat. Abe mengalami dua luka tembak, satunya menembus ke jantung. Abe tewas sesaat setelah dilarikan ke rumah sakit.



Simak Video "Antrean Warga Jepang Beri Penghormatan Terakhir untuk Shinzo Abe"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)