Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut 2 Bus di Labusel

Datuk Haris Molana - detikSumut
Senin, 20 Jun 2022 20:06 WIB
2 bus terlibat kecelakaan lalu lintas di Labusel
Tabrakan maut 2 bus di Labusel Foto: Istimewa
Medan -

Ditlantas Polda Sumut mengungkap dugaan awal penyebab dua bus terjadi tabrakan hingga menewaskan tujuh orang di Jalinsum, Torgamba, Labusel. Polisi menduga tabrakan itu terjadi akibat salah satu bus ingin menyalip kendaraan di depannya.

Dirlantas Polda Sumut Kombes Indra Darmawan Iriyanto mengatakan bahwa dirinya telah mendatangi lokasi dan melihat kondisi korban di rumah sakit. Selanjutnya, dia pun mengungkapkan penyebab tabrakan tersebut.

"Di titik tempat terjadi tabrakan itu terlihat bus dari Medan menuju Riau itu berada di lajur kanan, di situ ada marka yang menandakan tidak boleh menyalip dan dari keterangan saksi-saksi sebelum kejadian memang bus dari arah Medan menuju Riau itu ingin mendahului kendaraan," kata Indra kepada wartawan, Senin (20/6/2022).


Indra menyebutkan bus dari Medan itu adalah bus PMS. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB tadi.

Saat ini, personel Ditlantas Polda Sumut sedang menuju TKP. Personel yang diturunkan itu nantinya akan mencari penjelasan lebih mendalam tentang penyebab peristiwa itu.

"Ini tim TAA kami dari Ditlantas Polda Sumut sedang menuju ke TKP, nanti detailnya penyebab-penyebabnya itu akan ditentukan oleh tim tersebut," ujar Indra.

Indra menyebut ada tiga korban meninggal di TKP termasuk kedua sopir bus tersebut. Empat lainnya meninggal di rumah sakit sementara yang luka-luka ada 13 orang baik masih ada yang dirawat, sudah ada yang bisa kembali dan mungkin dirujuk ke rumah sakit lain.

Selain itu, Indra juga menyabut bahwa saat kejadian, lampu penerangan di lokasi kejadian ada dan jalannya itu pun lebar dengan kondisi aspalnya baik.

"Pada saat kejadian, memang ada lampu penerangan, jalan lumayan lebar terus kondisi aspal juga baik," tambah Indra.

Berikut data korban tabrakan antara dua bus tersebut:

1. Mika Rudy Parlindungan L. Tobing (33) Simundam Utara DS. Lubuk Terap Kec. Bandar Petalangan Kab. Pelalawan (meninggal dunia di TKP).
2. Fridon Sidauruk (Supir Bus PMS), umur 43 tahun, alamat Jl. Medan Gg. Cinta Damai Kel. Sumber Jaya Kec. Siantar Martoba Kota. Pematang Siantar(meninggal dunia di TKP).
3. Hendra Siregar (Supir Bus PMH), umur 31, Alamat Perumahan Pardede Kec. Sunggal Deliserdang (meninggal dunia di TKP).
4. Feri Andriansyah, umur 20 tahun , alamat Dsn. Air Terjun Kel. Paya Tampah Kec. Karang Baru Kab. Aceh Tamian Prov. Aceh (meninggal dunia di RS)
5. Sarah, umur 50 tahun, alamat Batu Ampar Riau (meninggal dunia di RS).
6. Sugini, umur 50 tahun, alamat Pasar VI Garapan Kec. Medan Tembung Kota. Medan (meninggal dunia di RS).
7. MR X, Laki-laki, Umur lebih 40 tahun, identitas belum diketahui (meninggal dunia di RS).



Simak Video "Momen Kericuhan Polisi-Warga saat Eksekusi Kafe di Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(dhm/afb)