Innalillahi Anggota Komisioner KIP Jambi Nurul Fahmy Meninggal Dunia

Ferdi - detikSumut
Sabtu, 28 Mei 2022 09:30 WIB
Anggota KIP Jambi Nurul Fahmy yang juga seorang jurnalis
Anggota KIP Jambi Nurul Fahmy yang juga seorang jurnalis (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Anggota Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Jambi periode 2022-2026 Nurul Fahmy meninggal dunia. Komisioner KIP Jambi yang baru saja dilantik itu meninggal usai melaksanakan salat Jumat berjemaah di masjid.

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto turut berduka atas kepergian anggota KIP Jambi itu. Edi menyebutkan anggota KIP itu adalah putra terbaik Jambi yang kini telah pergi.

"Saya atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Jambi, turut berduka cita atas berpulangnya salah satu putra terbaik Jambi Bung Fahmy yang baru saja kita pilih dan dilantik sebagai anggota KIP Provinsi Jambi," kata Edi kepada detikSumut, Sabtu (28/5/2022).


Nurul Fahmy meninggal dunia pada Jumat (27/5) sekira pukul 12.30 WIB. Meninggalnya Nurul Fahmy itu diduga lantaran alami sakit jantung.

Sebelum dilantik, Fahmy juga merupakan mantan jurnalis senior di Jambi. Selama menjadi seorang jurnalis, pria berusia 44 tahun tersebut cukup dikenal kritis dalam menulis.

Selain kritis dalam menulis, ayah 3 orang anak ini juga banyak memberikan tulisan yang mendidik. Fahmy juga dikenal sosok yang humoris dan mudah dalam bergaul.

"Semoga almarhum diampuni semua dosanya, diterima semua amal ibadahnya serta mendapat tempat yang mulia di sisi-Nya. Dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, keikhlasan serta ketabahan. Amin," ujar Edi.

Menjadi Anggota KIP Jambi adalah Keinginannya

Diketahui Fahmy dilantik sebagai Anggota KIP Jambi bersama 4 orang rekan lainnya. Dia dilantik jadi anggota KIP Jambi bersama 4 rekan lainnya oleh Gubernur Jambi Al Haris pada Rabu (25/5) di rumah dinas.

Sebelum dilantik, Fahmy juga lolos di urutan 5 terbaik dari 15 orang yang ikut ujian. Dia berhasil jadi nomor 3 terbaik dengan nilai cukup memuaskan saat ujian. Fahmy juga berhasil lolos dari beberapa awal seleksi lainnya hingga akhirnya dia terpilih dan dilantik.

Pelantikan 5 Komisioner KIP Jambi itu dinilai cukup meriah. Sebab, Fahmy yang kala itu adalah seorang jurnalis membuat para kalangan satu profesinya ikut hadir. Mereka hadir sekaligus menyaksikan dan melihat langsung pelantikan Nurul Fahmy.

Fahmy yang kala itu hadir bersama istri dan ketiga anaknya tersebut tampak terlihat gagah kala pelantikan dimulai. Banyak rekan satu profesinya ikut memberikan selamat bahkan ber-swafoto bersamanya.

Kebahagiaan itu tampak terlihat di raut wajahnya, ia begitu senang hingga istri dan anaknya pun bangga. Waktu pelantikan itu adalah hari kebahagiaan dia bersama keluarga tercintanya.

Menjadi anggota KIP Jambi suatu bentuk keinginannya saat itu. Sebagai orang yang cerdas, ia dianggap layak menjabat anggota KIP Jambi periode 2022-2026.

Fahmy mampu menunjukkan kemampuannya bersaing bersama rekan-rekan lainnya yang ikut maju kala itu. Sebagai seorang jurnalis tentunya Fahmy telah menunjukkan kemampuannya bahwa dia layak duduk di KIP Jambi.

Sosok Anggota KIP Jambi di Mata Sahabatnya Dikenal Humoris

Komisioner KIP Jambi itu diketahui merupakan sosok yang sederhana pintar. Banyak sahabatnya mengenang jika dia adalah sosok yang amat humoris.

Semasa menjadi jurnalis tentu banyak teman, rekan dan para sahabatnya merasa senang ketika mengobrol bersamanya. Kini kepergian Fahmy sangat dikenang bagi keluarga rekan dan para sahabat-sahabatnya.

Meninggalnya Nurul Fahmy begitu cepat rasanya. Bahkan banyak orang yang tak menyangka atas kepergiannya itu.

Setiap orang yang mengenalnya terlihat hadir di rumah duka saat itu. Mereka hadir hingga ikut mengantar kepergian Nurul Fahmy di tempat peristirahatan terakhirnya.

Langkah kepergian Fahmy menuju liang lahat banyak dibantu oleh orang-orang terdekatnya. Mereka saling sambut menyambut agar dapat mengangkut keranda jenazahnya Fahmy sambil melantukan Lafazh Allah untuk menuju rumah terakhirnya.

"Selamat jalan abang, selamat jalan ketua kami, dan selamat jalan orang baik yang penuh canda tawa. Kepergianmu terasa seperti mimpi bagi kami, kepulanganmu begitu cepat terasa untuk kami. Tetapi engkau pergi dengan begitu baik, di mana setiap umat Islam begitu sangat mengharapkannya. Engkau orang baik, begitu banyak kenangan yang tercipta bersamamu, kini engkau telah pergi dengan tenang, semoga Allah menempatkan dirimu di surga-Nya," ungkap salah seorang sahabat Fahmy.

(fhs/ega)