Bobby: 2 Kuburan di TPU Kristen Medan Hilang Akibat Longsor

Bobby: 2 Kuburan di TPU Kristen Medan Hilang Akibat Longsor

Datuk Haris Molana - detikSumut
Kamis, 21 Apr 2022 06:22 WIB
Wali Kota Medan saat meninjau kuburan yang longsor
Bobby Nasution saat meninjau kuburan yang ambles (dok:Istimewa)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution memperbaharui data kuburan yang ambles di TPU Kristen, Simalingkar B, Medan. Bobby mengatakan ada 20 kuburan yang ambles akibat longsoran tanah yang diterjang air sungai.

"Info saya terima sekitar 20 makam (kuburan) terkena dampak longsor," kata Bobby saat meninjau lokasi TPU, Rabu (20/4/2022) malam.

Dari jumlah itu, kata Bobby, 15 kuburan sudah dibangun lagi. Sementara itu 3 kuburan masih dalam proses dan 2 kuburan lainnya hilang.


"3 proses sedangkan 2 lagi masih hilang," ucapnya.

Untuk itu, Bobby akan membuat posko untuk lebih mudah mendapatkan informasi. Dia juga akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk melakukan pemberonjongan agar peristiwa ini tidak terulang.

"Besok akan langsung sampaikan ke BWS, sebab ini ranah mereka. Kegiatan teknis kita di area sungai harus lapor ke mereka," lanjut Bobby.

Camat Medan Tuntungan, Harry Tarigan menjelaskan, TPU yang mengalami longsor itu tepat di samping sungai. Longsoran terjadi akibat debit air sungai yang meningkat.

"Selama dua hari belakangan ini hujan deras di gunung dan Sungai Babura ini naik sehingga TPU Simalingkar B ini mengalami longsor. Ini juga karena faktor alam," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, kuburan di TPU Kristen ini ambles diterjang air Sungai Babura. Dari data awal, ada 12 kuburan yang ambles akibat peristiwa ini.

"Yang terkena dampak 12 kuburan," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Medan S.I Dongoran dikonfirmasi detikSumut, Rabu (20/4/2022)



Simak Video "Momen Bobby Singgung Ormas Loreng Oranye Suka Memalak UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(dhm/afb)