11 Tempat Wisata di Bulukumba, Suguhan Alam Eksotis hingga Kawasan Adat

Wisata Sulawesi Selatan

11 Tempat Wisata di Bulukumba, Suguhan Alam Eksotis hingga Kawasan Adat

Edward Ridwan - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 14:01 WIB
Pantai Bira
Tempat Wisata di Bulukumba (Foto: Pradikta Kusuma/d'travelers)
Makassar -

Tempat wisata di Bulukumba menawarkan keindahan alam yang eksotis hingga budaya yang unik. Bulukumba memang terkenal sebagai salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki kekayaan wisata alam tepi pantai hingga pegunungan.

Salah satu tempat wisata yang sangat populer adalah Pantai Tanjung Bira. Keindahan pasir putih dan gradasi warna laut yang menawan membuat Tanjung Bira menjadi salah satu tempat tujuan wisata populer saat musim liburan.

Tempat wisata tidak hanya menawarkan keindahan laut, tetapi juga alam pegunungan. Selain wisata alam, ada pula tempat wisata sejarah hingga budaya yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Bulukumba.


Nah, berikut ini 11 tempat wisata di Bulukumba yang dihimpun detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Pantai Tanjung Bira

Pantai BiraPantai Tanjung Bira (Foto: Pradikta Kusuma/d'travelers)

Pantai Tanjung Bira merupakan tempat wisata di Bulukumba yang telah menjadi salah satu ikon pariwisata Sulawesi Selatan. Keindahan hamparan pasir putih Pantai Tanjung Bira menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Selain menikmati keindahan pantai, di Pantai Tanjung Bira wisatawan juga dapat melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Pengunjung bisa menyewa peralatan yang disediakan.

Ada beragam spot menyelam yang menarik untuk menikmati keindahan dunia bawah laut di perairan Bulukumba tersebut.

Pantai Tanjung Bira terletak sekitar 40 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota Bulukumba. Sementara dari Kota Makassar, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan mobil atau motor sekitar 3-4 jam.

Untuk masuk ke kawasan Pantai, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Terdapat berbagai fasilitas yang tersedia di dalam seperti persewaan diving dan snorkeling, rumah makan, kamar mandi, persewaan motor, dan sebagainya. Adapun bagi pengunjung yang ingin menginap juga bisa menyewa beberapa penginapan, villa dan hotel yang di sekitar pantai. Tarifnya berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

2. Tebing Apparallang

Objek wisata Broadwalk dan Jembatan Kaca Titik Nol di kawasan Pantai Tanjung Bira yang ditutup imbas kerumunan. (dok. Istimewa)Tebing Apparallang (dok. Istimewa)

Selain Pantai Tanjung Bira tempat wisata di Bulukumba yang tidak kalah populer adalah Tebing Apparallang. Tempat wisata ini sering disebut Raja Ampatnya Bulukumba.

Spot wisata di lokasi ini menyuguhkan pemandangan laut biru berpadu dengan dinding-dinding tebing yang tinggi nan curam.

Suara desiran ombak serta semilir angin akan memanjakan setiap pengunjung yang datang. Karena itu lokasi ini cocok untuk menjadi tempat healing yang menenangkan.

Bagi yang ingin menguji adrenaline juga bisa mencoba melompat dari atas tebing, berenang ataupun snorkeling.

Lokasi tebing Apparallang tak jauh beda dengan pantai Tanjung Bira. Yaitu kurang lebih 1 jam perjalanan mengendarai kendaraan roda empat atau roda dua.

Sementara tiket masuk terbilang cukup murah yaitu hanya Rp 5.000 per orang. Bagi yang membawa mobil cukup membayar parkir Rp 20.000 saja.

3. Pantai Lemo-Lemo

pantai lemo-lemopantai lemo-lemo (Foto: Bulukumba.go.id)

Pantai Lemo-lemo adalah salah satu tempat wisata di Bulukumba yang bisa jadi pilihan saat liburan bersama keluarga. Lokasinya juga tidak jauh dari Tanjung Bira.

Ada hamparan pasir putih yang luas, beradu dengan jernih dan birunya air laut. Deretan pohon nyiur melambai menunjukkan pantai ini belum banyak terekspos.

Yang menarik dari tempat wisata ini adalah adanya Gua di sekitar pantai yang memiliki air tawar yang sangat jernih.

Dari pantai Tanjung Bira, pantai Lemo-lemo bisa diakses dengan berjalan kaki sejauh 300 meter. Sementara untuk masuk ke pantai ini pengunjung tidak perlu membayar alias gratis.

4. Pantai Ujung Tiro

Pantai Ujung TiroPantai Ujung Tiro Foto: (Pradikta Kusuma/d'travelers)

Pantai Ujung Tiro adalah salah satu tempat wisata di Bulukumba yang unik. Berbeda dengan wisata pantai pada umumnya, tempat wisata ini tidak memiliki pasir pantai.

Hanya terdapat pulau karang kecil dengan sebuah gazebo kecil yang indah. Gazebo itu dihubungkan dengan jembatan kayu untuk mengaksesnya.

Namun di situlah letak pesona utamanya. Jika dilihat sekilas, Pantai Wisata Ujung Tiro ini mirip dengan pura tanah lot di Bali.

Lokasi pantai Ujung Tiro terletak di Desa Ekatiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Bulukumba dan bisa diakses menggunakan mobil atau motor.

Saat ini pengelolaan wisata di tempat ini belum maksimal. Harga tiket masuk dan fasilitas yang tersedia di dalamnya belum dikelola dengan baik. Pengunjung biasanya hanya membayar uang parkir dan biaya kebersihan sejumlah Rp 5.000 saja.

5. Pantai Bara

Pantai Bara di BulukumbaPantai Bara di Bulukumba Foto: (Widi Arini/d'Traveler)

Satu lagi wisata panti di Bulukumba yang sayang jika dilewatkan, yakni Pantai Bara. Pantai ini menawarkan pesona pantai dan alam yang masih alami.

Bagi wisatawan yang mencari suasana tenang dan hening untuk healing, pantai Bara ini wajib jadi pilihan. Lokasinya yang cukup terpencil, membuat pantai Bara belum ramai dikunjungi wisatawan.

Meski demikian, mengunjungi pantai Bara anda tidak perlu khawatir. Terdapat berbagai fasilitas yang bisa dinikmati selama liburan. Seperti peralatan snorkeling, diving, camping hingga villa dan penginapan.

Lokasi pantai Bara juga tak jauh dari Pantai Tanjung Bira. Jaraknya kurang lebih 15 menit menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Namun akses menuju lokasi ini cukup menantang, sebab pengunjung harus melalui jalan sempit dan perbukitan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan pengunjung berpapasan dengan hewan liar. Sehingga disarankan untuk berkunjung pada saat pagi atau siang hari.

Untuk memasuki kawasan wisata pantai Bara pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000. Adapun untuk biaya parkir dikenakan tarif Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Selanjutnya Tebing Panaikang Birayya...