Pesona Pantai Panorama, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Mamuju

Sulawesi Barat

Pesona Pantai Panorama, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Mamuju

Hafis Hamdan - detikSulsel
Minggu, 11 Sep 2022 13:10 WIB
Pantai Panorama, Mamuju.
Foto: Pantai Panorama, Mamuju. (Hafis Hamdan/detikcom)
Mamuju -

Pantai Panorama di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari warga. Keindahan pantainya menjadi pemikat wisatawan terutama ketika menjelang matahari terbit atau sunrise.

Pantai ini berada di Jalan Abd Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro. Lokasinya tak jauh dari Kota Mamuju atau sekitar 10 menit waktu tempuh.

Pengunjung yang datang menjadikan Pantai Panorama sebagai tempat untuk melepas penat. Bagi pengunjung yang hobi mengabadikan momen, tempat ini cocok untuk berfoto dengan latar sunrise yang indah.


Untuk masuk ke Pantai Panorama, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 10 ribu per orang. Di lokasi juga terdapat gazebo yang bisa disewa seharga Rp 50 ribu per unit. Di sepanjang tepian pantai, pengunjung juga dapat mendirikan tenda.

Di Pantai Panorama ini, Pulau Karampuang yang menjadi ikon Kabupaten Mamuju terlihat jelas pada pagi hingga sore hari. Di sisi kanan pantai terdapat beberapa pohon mangrove, sementara sisi kiri perahu nelayan yang terparkir menambah kesan indah bagi pengunjung.

Tak hanya itu, di area pintu masuk pantai tepatnya sisi kanan terdapat kolam ikan yang rencananya akan dijadikan sebagai salah satu fasilitas bagi pengunjung. Pengunjung dapat memancing ikan sambil menikmati hijaunya pohon kelapa di kawasan pantai.

"Fasilitas yang mau kita tambah nantinya itu spot mancing, jadi pengunjung bisa memancing ikan juga," kata pengelola Pantai Panorama, Titik Rantelino saat ditemui detikcom, Sabtu (10/9/2022).

Titik mengatakan Pantai Panorama dikelolanya sejak 2014. Namun karena suatu hal ia baru membuka lagi sejak Agustus 2021. Meski begitu ide membuat kawasan pantai tersebut menarik datang dari warga sekitaran pantai.

"Dari 2014 kita buat ini, cuman sempat ditinggal. Baru lagi 2019 kita benahi ulang cuman nda lama kan COVID habis itu gempa, jadi kita baru kembali betul-betul buka itu ya Agustus 2021," jelasnya.

"Kalau ide awalnya saya lihat banyak warga sekitar datang, dari situ saya mulai niat untuk jadikan wisata pantai, apalagi tahun 2014 masih sedikit sekali dulu tempat wisata di Mamuju, tidak seperti sekarang," tambahnya.

Titik mengaku wisata Pantai Panorama yang dikelolanya lebih dikhususkan bagi acara-acara kantor dan keluarga, kawasan Pantai Panoroma tidak terlalu luas namun cukup indah untuk dinikmati bagi keluarga yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan.

"Sebenarnya lebih privat, karena kan 2 ji villa kita sediakan dengan kapasitas 15 sampai 20 orang dengan harga Rp 750 ribu. Lebih banyak acara-acara kantor sama ulang tahun, jadi satu keluarga langsung sewa. Cuman umun bisa juga, apalagi bisaji pakai gazebo atau mau pasang tenda," bebernya.

Ia menyebut Pantai Panorama tak hanya menawarkan keindahan alam, ia juga mendirikan kafe untuk para pengunjung menikmati berbagai kudapan tradisional hingga modern.

"Kita juga sediakan menu tradisional seperti Bau Piapi khas Mandar, ada kue panada sama minuman kekinian lah. Kafe ini biasa dipakai kalau kumpul-kumpul organisasi juga, apalagi ditambah lampion kalau malam bagus dilihat sambil ngumpul," pungkasnya.

Diakui Titik, meski para pengunjung tidak bisa menikmati sunset di Pantai Panorama, namun semua akan terbayarkan dengan keindahan sunrise yang nampak jelas seolah-olah menutupi Pulau Karampuang menjelang pagi.

"Sunrise ji, indah sekali karena kan dilihat juga Pulau Karampuang, pengunjung bisa menikmati sunrise sambil bermain ayunan juga, kan sudah disediakan," ujarnya.



Simak Video "Trauma dan Takut Gempa Susulan, Ribuan Warga Mamuju Ngungsi"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/tau)