Arema FC Punya Rekor Buruk, PSM Makassar Dijagokan Menang Telak

ADVERTISEMENT

Liga 1

Arema FC Punya Rekor Buruk, PSM Makassar Dijagokan Menang Telak

Tim detikSulsel - detikSulsel
Jumat, 03 Feb 2023 07:30 WIB
Pemain Muda PSM Dzaki Asraf mencoba melewati Kapten Arema FC Johan Alfarizi.
PSM Makassar akan menghadapi Arema FC di pekan ke-22 Liga 1 2022/2023. Foto: Dok. PT LIB
Makassar -

Arema FC tengah dihantui rekor buruk jelang menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-22 Liga 1 2022/2023. Juku Eja dijagokan mampu meraih kemenangan setelah Singo Edan di 4 laga terakhirnya menelan kekalahan secara beruntun.

"Harusnya PSM bisa memanfaatkan ini dengan adanya banyak persoalan Kanjuruhan kemarin, dia tidak main di kandangnya. Sisa bagaimana nanti ini memanfaatkan kelemahan Arema, apalagi kemarin Arema kalah lagi," kata pengamat sepak bola Assegaf Razak kepada detikSulsel, Kamis (2/2/2023).

Secara klasemen, Arema FC berada di bawah PSM setelah menduduki posisi 9 dengan 26 poin dari 19 pertandingan. Singo Edan hanya meraih 8 kemenangan, 2 kali imbang, dan 9 kali menelan kekalahan.

Ditambah lagi, Arema dalam tren tidak bagus setelah di 4 laga terakhir menelan kekalahan bahkan sama sekali tidak mampu mencetak gol. Tercatat, Arema takluk dari Madura United 0-2, kemudian kalah 0-1 dari Bhayangkara FC di Stadion Manahan, Surakarta.

Serta di dua laga terakhir yakni melawan PSIS Semarang pada Sabtu (21/1), Singo Edan kembali meraih hasil minor usai kalah 0-1. Lalu laga terakhir kontra PSS Sleman, Singo Edan kembali harus mengakui keunggulan Laskar Sembada 2 gol tanpa balas pada Kamis (26/1) lalu.

"PSM punya peluang apalagi PSM ini di atas (peringkat 3 klasemen), artinya kalau dilihat secara tim PSM lebih konsisten secara statistik lebih bagus," paparnya.

Mantan pelatih PSM ini menjelaskan, walau bertindak sebagai tamu tim besutan Bernardo Tavares masih diunggulkan meraih kemenangan. Skema permainan cepat dapat menjadi senjata utama dalam mematikan permainan Arema FC.

"Ini barangkali yang bisa dimanfaatkan nanti PSM dengan gaya permainan cepat. Tetap konsisten untuk bagaimana memberikan perlawanan terus sama lawan," ungkapnya.

Walau begitu, Assegaf tetap meminta agar Wiljan Pluim Cs tak serta merta menganggap enteng calon lawannya tersebut. Ia menilai, Arema FC bisa saja menjadi momok jika diremehkan.

"Kita tau Arema ini juga tim besar juga tidak gampang juga untuk mengalahkan Arema, jadi harus dipertahankan bagaimana karakter main yang digunakan nanti bagaimana konsisten, bagaimana mental pemain terus dipersiapkan untuk menghadapi Arema," tutur Assegaf.

"PSM ini harus mengantisipasi kebangkitan Arema meskipun 4 laga terakhirnya kalah, karena apa pun bisa terjadi di lapangan. Karena ketika membuat kesalahan dan lengah itu bisa berbuntut kurang baik, jadi jangan membuat satu kesalahan," tutupnya.

Duel antara PSM Makassar akan berlangsung di Stadion PTIK, Sabtu (4/2) pukul 16.30 Wita. Pada pertemuan pertama, PSM menang 1-0 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepapre.



Simak Video "Suntikan Motivasi untuk PSM Jelang Ladeni Persikabo 1973"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/ata)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT