Barcelona Ternyata Masih Punya Utang Rp 2,45 T dari 4 Klub

Barcelona Ternyata Masih Punya Utang Rp 2,45 T dari 4 Klub

Tim detikSport - detikSulsel
Sabtu, 01 Okt 2022 13:05 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 17: Ferran Torres of FC Barcelona looks on during the LaLiga Santander match between FC Barcelona and Elche CF at Spotify Camp Nou on September 17, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Foto: Getty Images/Eric Alonso
Jakarta -

Barcelona selamat dari krisis finansial semasa pandemi COVID-19 lalu. Kendati demikian Barcelona ternyata masih punya utang Rp 2,45 triliun dari empat klub.

Barcelona banyak melakukan pembelian pemain dengan harga mahal di era Bartomeu. Namun pembelian pemain mahal itu justru dianggap tidak banyak berkontribusi untuk tim.

Bahkan dalam pembelian itu, tidak semua pemain langsung dibayar lunas saat ditransfer dari klub lamanya. Hal itu menyebabkan Barcelona harus melakukan banyak penyesuaian untuk dapat bertahan, termasuk melepas Lionel Messi secara bebas transfer pada 2021.


Presiden Brcelona saat ini Joan Laporta sudah memperpanjang nafas Barcelona lewat empat kali tarikan tuas ekonomi agar bisa melakukan transfer dan mendaftarkan pemain. Selain itu, Barcelona juga melakukan pemangkasan gaji besar-besaran.

Meski demikian, ternyata Barcelona masih menyimpan utang transfer dari era Bartomeu dan Laporta. Total utang Barcelona menapai 144 juta euro atau setara dengan Rp 2,45 triliun.

Secara rinci, Barcelona baru membayar 3 juta euro saat memboyong Ferran Torren dari Manchaster City Januari lalu.

Sementara saat membeli Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam pada 2019, masih menyisakan 32 juta euro yang belum dibayar. Ditambah 10 juta euro dari transfer Sergino Dest setahun kemudian.

Selain itu, pembelian Miralem Pjanic dari Juventus pada 2020 masih menyisakan utang sebesar 36 juta euro! Padahal Pjanic sudah dilepas musim panas kemarin.

Terakhir, Barcelona juga masih berutang 14 juta euro kepada Liverpool saat membeli Philippe Coutinho pada tahun 2018 lalu. Coutinho sendiri telah dijual dengan harga murah oleh Barcelona ke Aston Villa musim lalu.



Simak Video "Liverpool Bobrok dan Dihantam Badai Cedera, Klopp Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(xez/hmw)