Appi Jabat Komisaris Utama PSM Makassar Usai Diganti Sadikin Aksa dari Dirut

PSM Makassar

Appi Jabat Komisaris Utama PSM Makassar Usai Diganti Sadikin Aksa dari Dirut

Abadi Tamrin - detikSulsel
Rabu, 28 Sep 2022 11:51 WIB
Munafri Arifuddin
Munafri Arifuddin. Foto: Ibnu Munsir/detikcom
Makassar -

Manajemen PSM Makassar menunjuk Sadikin Aksa sebagai Direktur Utama menggantikan posisi Munafri Arifuddin (Appi). Sementara Appi kini dipercayakan menduduki posisi Komisaris Utama PSM menggantikan Subhan Aksa.

"Secara operasional (PSM) saya sudah selesai (di Dirut)" kata Appi kepada detikSulsel, Selasa (28/9/2022).

Appi menjelaskan, perubahan dalam struktur organisasi merupakan hal yang biasa. Namun ada beberapa pertimbangan yang membuat jajaran direksi PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM) memberikannya amanah di posisi yang baru.


"Menurut saya ini menjadi hal yang wajar di dalam perputaran organisasi. Karena memang kita ada saat masuk dan pasti ada saat keluar," katanya.

"Saya mungkin dulu menjalani ini walaupun saya ikut dalam kegiatan-kegiatan politik. Tapi ini kan berbeda karena saya sudah ketua salah satu partai politik. Itu mungkin untuk proses bisnis yang ada di sepak bola ada dampak yang bisa ditimbulkan dari itu," sambungnya.

Selain itu, Appi juga diamanahkan untuk lebih fokus di corporate perusahaan dengan menjabat sebagai Chief Corporate Legal di Bosowa Corporindo.

Suami Melinda Aksa ini juga ditugaskan untuk merangkul para mantan pemain PSM agar terlibat dalam program pembinaan usia muda di Sulsel dan Sulbar untuk kemudian dipromosikan ke PSM Makassar.

"Saya kembali aktif kembali ke perusahaan untuk mengurus bagian yang ada di perusahaan Bosowa secara korporasi. Untuk itu saya dikasih tanggung jawab lagi untuk mengurus ulang tahun Bosowa dengan rangkaian kompetisi usia muda bersama para mantan pemain PSM," paparnya.

Posisi Direktur Utama PSM, kini dinahkodai oleh Sadikin Aksa. Appi yakin di tangan Sadikin PSM akan meraih prestasi yang jauh lebih baik dibandingkan masa kepemimpinannya.

"Seandainya bukan Pak Sadikin yang mau turun langsung, yah saya juga pasti akan pertanyaan. Tapi karena Pak Sadikin sendiri langsung yang mau turun yah, saya menganggap bahwa beliau bisa menjadi sosok Dirut yang bisa lebih baik," paparnya.

Selama 7 tahun memimpin PSM, Appi mempersembahkan 1 trofi Piala Indonesia pada musim 2018/2019. Sedangkan di Liga 1, PSM finish sebagai runner-up pada musim 2018 dan di peringkat ke-3 pada musim 2017.

Pencapaian tertinggi Appi adalah ketika membawa PSM ke final AFC Cup Zona ASEAN pada musim 2022. PSM menjadi klub pertama di Indonesia yang bisa lolos ke fase tersebut.

Di Liga 1 musim ini, Appi meninggalkan PSM dengan pencapaian fantastis. Tim Juku Eja menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga eksis di peringkat ke-2 klasemen sementara.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/nvl)