Misi PSM U-16 Kalahkan Persebaya, Jaga Peluang ke Semifinal EPA

PSM Makassar

Misi PSM U-16 Kalahkan Persebaya, Jaga Peluang ke Semifinal EPA

Alfiandis - detikSulsel
Kamis, 22 Sep 2022 09:15 WIB
Line Up PSM Makassar U-16 di EPA 2022
Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

PSM Makassar di bawah Usia 16 tahun, mengusung misi poin penuh di dua laga sisa kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-16 2022. Ramang Muda wajib meraih kemenangan atas Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC jika ingin memastikan satu tiket ke partai semifinal sebagai runner-up terbaik.

Saat ini, PSM masih menduduki posisi 3 dengan poin 18 setelah meraih kemenangan atas Barito Putera U-16 dengan skor meyakinkan 2-0. Dua gol Juku Eja di cetak olah Muh Ilham menit 17' dan Ahmad Rian di menit 50'.

Kendati demikian tim besutan Muhammad Irfan Rahman ini belum mampu menggeser Bhayangkara U-16 di posisi 2, yang juga bermain imbang 0-0 dengan pemuncak klasemen Persebaya Surabaya U-16.


Ramang muda akhirnya mendapat misi cukup sulit jika tetap ingin lolos sebagai runner-up terbaik. Pasalnya, para pemain harus menyapu bersih dua laga sisa, melawan pemuncak klasemen Persebaya Surabaya dan tentunya Bhayangkara FC.

Jika berhasil meraih kemenangan di dua laga tersebut tentu akan membuka pelung besar bagi anak asuh Irfan Rahman melaju ke partai selanjutnya. Meski masih harus bersaing dengan dua finalis runner-up dari group A dan B.

"Kalau Persebaya di puncak klasemen Grup C sulit terkejar poinnya. Peluang kita lolos ada di runner up terbaik. Maksimal kita bisa dapat 24 poin," kata Irfan kepada detikSulsel, Rabu (21/9/2022).

Kendati demikian PSM tetap harus meraih hasil maksimal saat melawan Persebaya Surabaya U-16. Cukup riskan bagi Juku Eja, jika tak meraih hasil baik di partai penentu tersebut.

Alasannya karena PSM kembali akan bergantung dengan pertandingan terakhir Bhayangkara FC, jika ingin mengamankan tiket semifinal EPA U-16 tersebut. Namun akan cukup sulit bagi Ramang Muda jika bergantung dengan hasil tim lain, sehingga penting menyapu seluruh laga terakhirnya dengan kemenangan.

Irfan menjelaskan tim asuhannya lambat panas hingga memasuki seri kedua dan ketiga baru menanjak. Berbeda di seri pertama, permainan Ramang Muda tampil kurang kompak. Sehingga mantan juara EPA musim lalu ini sempat terseok-seok di papan klasemen.

"Memasuki seri ketiga ini baru ngegas permainannya adik-adik. Mudah-mudahan kita bisa sapu bersih 2 laga sisa nanti," jelasnya.

EPA U-16 2022 langsung masuk ke babak semifinal usai dari babak grup. Jawara dari grup A, B, dan C dipastikan lolos ke babak semifinal dan satu timnya lagi akan diambil dari runner up terbaik di masing-masing grup.

Diketahui PSM U-16 adalah juara bertahan dengan menjuarai EPA U-16 2021 lalu. Ramang Muda berhasil mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/hmw)