Kunci Sukses PSM Pertahankan Rekor Tak Terkalahkan hingga Pekan Ke-10 Liga 1

PSM Makassar Vs Dewa United

Kunci Sukses PSM Pertahankan Rekor Tak Terkalahkan hingga Pekan Ke-10 Liga 1

Muhclis Abduh - detikSulsel
Kamis, 15 Sep 2022 22:05 WIB
Pemain PSM Makassar Ricky Pratama mengelabui Kiper Dewa United M Natshir
Foto: Pemain PSM Makassar Ricky Pratama mengelabui Kiper Dewa United M Natshir. Dok. PSM Makassar/Agung Dewantara
Tangerang -

PSM Makassar memperpanjang rekor tak terkalahkan hingga pekan ke-10 Liga 1 musim 2022/2023. Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares menegaskan kuncinya terletak di para pemainnya.

Laga Dewa United kontra PSM Makassar berakhir imbang 1-1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Kamis (15/9/2022) malam. Meski berakhir imbang, PSM Makassar mampu mempertahankan tren positif dengan tercatat sebagai tim yang tak terkalahkan di Liga 1.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan, performa apik PSM Makassar tersebut tak terlepas dari penampilan para pemainnya dalam menjalankan strategi yang diberikan.


"Terkait 10 laga belum terkalahkan kuncinya adalah pemain," ungkap Bernardo usai laga melawan Dewa United, Kamis (15/9/2022).

Lebih spesifik dari pemain yang ia maksud yakni attitude para anak asuhnya saat berlaga di setiap pertandingan. Ia memuji M Arfan dan kawan-kawan mampu menunjukkan kemampuan terbaik dan sikap yang baik selama laga berlangsung.

"Pemain menunjukkan attitude yang benar di lapangan," imbuhnya.

Di sisi lain juru taktik asal Portugal itu mengajak kepada pemain dan suporter agar tidak kendor mengarungi laga kedepannya. Ia mengaku PSM Makassar harus menunjukkan kebersamaan yang kuat, baik saat memang, imbang, atau pun kalah.

"Kami akan menang sama-sama, kalah sama-sama, dan imbang sama-sama," paparnya.

Bernardo menilai anak asuhnya sudah berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil terbaik. Saat melawan Dewa United, banyak peluang yang didapatkan, namun sayang tak mampu dikonversi menjadi gol.

"Saya kira (PSM Makassar) mendapatkan peluang-peluang terbaik di pertandingan ini (melawan Dewa United)," bebernya.

Pelatih berlisensi UEFA Pro ini menegaskan PSM Makassar bermain cukup bagus di babak pertama dengan adanya satu gol yang tercipta dari penalti. Hanya saja menurut dia setidaknya ada momen PSM seharusnya mendapatkan hadiah penalti lagi.

"Kita mencetak lebih awal dari penalti, namun sebelumnya ada dua momen saya kira salah satunya momen tersebut kita bisa mendapatkan penalti," tegasnya.

Dia pun menyinggung gagal mendapatkan hadiah penalti disebabkan wasit yang terlihat ragu-ragu mengambil keputusan. Termasuk ketika pemain lawan ikut mempengaruhi keputusan wasit.

"Di saat itu lawan berteriak kepada wasit mencoba merubah keputusan wasit," keluhnya.

Laga Dewa United kontra PSM berakhir imbang 1-1. Gol Juku Eja dicetak oleh Yuran Fernandes melalui titik putih. Dewa United membalas melalui Majed Osman di menit ke-61.

Hasil ini membuat PSM tertahan di posisi 3 klasemen sementara Liga 1. Juku Eja yang berpeluang memimpin klasemen, gagal menggeser Madura United yang kini berjarak 1 poin.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)