Suporter Puji Kemampuan Bernardo Tavares Bawa PSM Lolos Final AFC Cup

Alfiandis - detikSulsel
Sabtu, 13 Agu 2022 10:22 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memimpin latihan PSM Makassar di Bali
Foto: Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares. (Dok. PSM Makassar)
Makassar -

Suporter PSM Makassar memuji kepiawaian pelatih Bernardo Tavares yang dianggap mampu mengangkat performa skuad Juku Eja lolos final AFC Cup Zona ASEAN 2022. Dalam tiga laga di Liga 1, Pasukan Ramang juga tampil positif tanpa kekalahan.

"Dari melihat beberapa hasil pertandingan PSM, saya semakin yakin dengan kemampuan coach (Bernardo Tavares) kita," ucap Ketua The Macz Man zona Bantaeng, Obay saat dihubungi kepada detikSulsel, Jumat (12/8/2022).

Menurutnya Bernardo punya kepiawaian dalam meramu komposisi pemain. Pelatih berkebangsaan Portugal itu dianggap berani mengisi timnya yang diasuhnya dominan skuad muda atau pemain akademi.


"Mengandalkan pemain yang notabenenya bukan pemain bintang dan mahal. Tetapi mampu bermain sesuai dengan apa yang diharapkan coach kita," terangnya.

Sejauh ini PSM Makassar menunjukkan performa yang gemilang setelah dua ajang yang diikuti, baik di AFC Cup 2022 dan Liga 1. Saat ini Wiljan Pluim dan kolega di bawah asuhan Bernardo Tavares mampu tembus ke partai final AFC Cup dan bersaing di 3 besar Liga 1.

Di kompetisi Asia, PSM Makassar melaju ke partai final setelah mengandaskan wakil Malaysia di partai semifinal dengan skor 2-1, Selasa (9/8). Sementara di kompetisi Liga 1, Tim Ramang meraih dua kemenangan dan 1 kali hasil imbang.

Di satu sisi, pengamat sepak bola Muhammad Hanafing Ibrahim mengatakan, Bernardo belum dapat dikategorikan sebagai pelatih sukses, sebelum kompetisi Liga 1 berakhir, dan memberikan gelar juara bagi Juku Eja.

"Kita belum bisa mengatakan bahwa pelatih itu sukses, sebelum menyelesaikan tugasnya sampai akhir kompetisi," kata Hanafing saat dihubungi detikSulsel, Jumat (12/8).

Namun Hanafing mengapresiasi kinerja pelatih Portugal tersebut dalam meningkatkan kualitas para pemain. Menurutnya, skuad besutan Bernardo Tavares menunjukkan peningkatan kualitas yang signifikan.

"(Pemain) semua saya lihat ada progres begitu, ada peningkatan dari pertandingan ke pertandingan. Karena di piala AFC kan bukan Pekerjaan yang ringan itu karena di situ tim-tim artinya kualitasnya sudah berbeda," paparnya.

Walau begitu, dirinya menyarankan agar Bernardo Tavares memperhatikan kondisi tim. Melihat jadwal yang begitu padat yang dijalani saat ini.

"Dengan pertandingan yang padat recovery yang menentukan. Sekarang ini bagaimana PSM ini bisa menjaga recovery pemain," tutupnya.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)