Berita Nasional

Gol Tunggal Kafiatur Bawa Indonesia Bungkam Vietnam di Final AFF U-16 2022

Tim detikSport - detikSulsel
Jumat, 12 Agu 2022 23:12 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 Muhammad Kafiatur Rizky (kanan) berusaha menerobos pertahanan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (8/12/2022). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/rwa.
Foto: Timnas Indonesia Vs Timnas Vietnam di Piala AFF U-16. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Sleman -

Timnas Indonesia U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022. Gol tunggal Garuda Muda, Kafiatur Rizky di akhir babak pertama berhasil menundukkan Timnas Vietnam U-16.

Tampil di hadapan para pendukung sendiri, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022), Indonesia tampil apik sepanjang 90 menit hingga skor bertahan 1-0 0.

Dilansir dari detikSport, prestasi ini merupakan gelar kedua Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-16. Trofi pertama diraih empat tahun lalu, saat juga berstatus tuan rumah.


Sementara Vietnam gagal membuat sejarah. Dengan masih bertahan dengan tiga gelar, sama dengan Thailand.

Di babak pertama, Pelatih Bima Sakti masih mengandalkan duet Arkhan Kaka-Nabil Asyura di lini depan. Sementara ada pergantian di lini depan Vietnam, dengan menaruh duet Phan Thanh Duc Thien dan Bui Hoang Son.

Sejak menit awal, intensitas pertandingan sudah berjalan ketat. Kedua tim cukup seimbang di lini tengah sehingga pergerakan bola terputus lebih banyak di area tengah.

Vietnam yang menerapkan permainan keras, membuat Timnas Indonesia banyak mengandalkan serangan balik. Namun, cukup merepotkan barisan belakang Vietnam.

Bahkan, Kiper Pham Dinh Hai juga beberapa kali protes lantaran gangguan para pemain Indonesia, khususnya saat mengamankan bola-bola atas.

Memasuki menit 28', Indonesia mendapat kans mencetak gol melalui tendangan bebas di depan kotak penalti. Namun sepakan Riski Afrisal, masih mampu diamankan kiper Vietnam.

Vietnam sendiri begitu kesulitan merangsek ke wilayah belakang Indonesia. Anak asuh Nguyen Quoc Tuan bahkan hampir tak membuat ancaman berarti ditebar ke gawang Andrika Fathir.

Pada menit ke-40, Indonesia memiliki kans membuka keran gol melalui, setelah menerima umpan lambung Habil ke kotak penalti. Namun, Kaka gagal menjebloskan bola setelah mendapat gangguan dari dua pemain Vietnam.

Jelang istirahat babak pertama, Indonesia mampu mencuri gol. Melalui Rizdjar melepaskan umpan tarik yang mengarah kepada Kafiatur Rizky. Dengan sekali gocekan, Kafiatur dapat melepaskan sepakan kaki kiri, dan mengirim bola masuk ke gawang Vietnam. Indonesia unggul 1-0 hingga jeda babak pertama.

Di babak kedua, dominasi Indonesia masih berlanjut atas Vietnam. Keunggulan bisa dipertahankan sampai laga tuntas. Kemenangan 1-0 memastikan Indonesia juara Piala AFF U-16 2022.

Indonesia yang banyak mengandalkan serangan balik, terlihat cukup merepotkan barisan belakang Vietnam. Kiper Pham Dinh Hai juga beberapa kali protes karena coba diganggu, khususnya saat mengamankan bola-bola atas.

Pada menit ke-28, Indonesia mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti. Namun, sepakan Riski Afrisal, yang bisa bikin gol tendangan bebas di semifinal, masih bisa diamankan kiper Vietnam.

Sebaliknya, Vietnam terlihat cukup kesulitan memasuki wilayah belakang Indonesia. Anak asuh Nguyen Quoc Tuan kesulitan mengalirkan bola ke depan, sehingga hampir tak membuat ancaman berarti ke gawang Andrika Fathir.

Pada menit ke-40, Kaka punya kans bikin gol usai menerima umpan lambung Habil ke kotak penalti. Namun, Kaka gagal menceploskan bola karena mendapat gangguan dari pemain Vietnam.

Jelang istirahat, Indonesia akhirnya bisa mencuri gol! Rizdjar Nurviat melepaskan umpan tarik, dan diterima Kafiatur Rizky. Dengan sekali gocekan, Kafiatur bisa melepaskan sepakan kaki kiri, dan mengirim bola masuk ke gawang Vietnam. Indonesia unggul 1-0 saat jeda.

Babak kedua, Garuda Muda masih menguasai jalan laga. Ungul satu gol membuat Kaka dkk menerapkan permainan bertahan, dengan memanfaatkan serangan balik yang cukup efektif.

Pada menit ke-50, Vietnam, yang kesulitan menembus kotak penalti Indonesia, mencoba peruntungan dari jauh. Kapten Nguyen Cong Phuong melepaskan tembakan dari luar kotak, yang masih bisa diredam Andrika.

Dua menit berselang, giliran Indonesia menekan melalui Rizdjar. Melalui umpan tarik ke tengah mengarah kepada dua pemain Indonesia yang bebas gagal menyambutnya di depan gawang Vietnam.

Di menit ke-60, Indonesia mengambil inistiatif permainan. Anak asuh Bima Sakti banyak menekan Vietnam lewat permainan di depan kotak penalti. Umpan-umpan terobosan coba dilakukan, namun beberapa kali bisa dimentahkan barisan belakang Vietnam.

Memasuki menit ke-70, Indonesia masih bisa menjaga konsentrasi dengan tampil disiplin saat bertahan, dan tak berhenti menekan Vietnam di depan. Sebaliknya, kesalahan-kesalahan mulai terlihat dari pemain Vietnam.

10 menit jelang laga usai, Bima Sakti mulai melakukan rotasi dengan memasukan beberapa pemainnya. Nabil Asyura digantikan Waliy Marifat, dan Figo Dennis diganti Narendra Tegar. Kaka bermain sedikit turun, untuk membantu pertahanan.

Bermain lebih ke belakang, Timnas Indonesia mulai banyak menahan bola berlama-lama guna melambatkan tempo permainan. Hasilnya, di menit-menit akhir, tekanan bertubi-tubi dilancarkan Vietnam, yang memburu gol.

Namun, barisan belakang Indonesia yang di motori Iqbal Gwijangge, masih mampu menggagalkan pergerakan pemian Vietnam di area kotak penalti Indonesia. Termasuk aksi Andrika, yang bisa menangkap sepakan Phan Thanh Duc Thien di depan gawang pada menit ke-89.

Drama sempat terjadi di pinggir lapangan, ketika staf pelatih Vietnam melakukan protes keras. Wasit Xaypaseth Phongsanit asal Laos tak segan memberinya kartu merah.

Tensi panas juga merembet ke lapangan, di masa injury time. Pemain kedua tim sempat ribut, menyusul dorongan pemain Vietnam. Namun, keributan bisa segera dilerai.

Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Timnas Vietnam

Vietnam: Pham Dinh Hai, Le Nguyen Quoc Kien, Vi Dinh Thuong, Le Thang Long, Nguyen Huu Trong, guyen Cong Phuong, Le Duc Phat, Le Dinhj Long Vu, Ngiyen Trung Nguyen, Bui Hoang Son, Phan Thanh Duc Thien

Indonesia: Adrika Fathir, Rizdjar Nurviat [Seva Rangga 88'], Sulthan Zaky, Habil Abdillah, Iqbal Gwijangge, Riski Afrisal, Achmad Zidan [Femas Aprian Crespo 54'], Kafiatur Rizky [Hanif Ramadhan 88'], Figo Dennis [Narendra Tegar 77'], Arkhan Kaka, Nabil Asyura [Waliy Marifat 77']



Simak Video "Momen Jokowi Bertemu Timnas U-16 Sebelum Upacara HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/sar)