Liga 1

Duel Pemain Jepang di Laga Rans Vs PSM, Kenzo Lebih Unggul

Alfiandis - detikSulsel
Jumat, 12 Agu 2022 00:13 WIB
Winger PSM Makassar Kenzo Nambu sudah ikut latihan ringan bersama pemain PSM lainnya di Lapangan Yonzipur Maros.
Pemain PSM Makassar Kenzo Nambu Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

Dua gelandang asal Jepang, akan bertemu saat PSM Makassar melakoni laga away melawan Rans Nusantara FC di pekan keempat Liga 1 musim 2022/2023. Kenzo Nambu menjadi motor serangan bagi tim Ramang, sementara Mitsuru Maruoka menjadi pengatur ritme permainan Rans FC.

Klub promosi Rans FC akan menjamu tamunya PSM Makassar pada pertandingan keempat BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (15/8/2022). Dua gelandang berkebangsaan Jepang ini, bakal membuktikan peran vitalnya di lini tengah masing-masing tim yang dibelanya.

Kenzo yang sempat alami cedera, sebelumnya lebih banyak mengisi bangku cadangan. Dalam tiga laga di kompetisi Liga 1, Kenzo lebih banyak menjadi pemain pengganti.


Kendati demikian, pemain berusia 30 tahun ini sering kali menjadi pembeda ketika diturunkan Bernardo Tavares. Dari 3 laga di kompetisi Kenzo Nambu berkontribusi atas hasil yang diraih PSM Makassar.

Seperti saat tim asuhan Bernardo Tavares meraih kemenangan dengan skor 2-0 atas Bali United (29/7). Pemain bernomor punggung 39 ini menjadi motor lahirnya gol kedua yang dilesatkan Yakob Sayuri di akhir babak kedua.

Sementara di laga terakhir saat menjamu Persija Jakarta pada Jumat (5/8), pemain yang dibajak dari klub Thailand, Rayong FC ini, menyumbangkan gol perdananya bagi PSM Makassar 3 menit setelah dimasukkan di menit 72'.

"Kenzo ini kan mungkin ada strategi pelatih (Bernardo Tavares) kemarin melawan Persija, dia di simpan setelah Persija mungkin kendor. Dia memasukkan bagaimana penyemangat lagi di (lapangan) dan bisa mencetak gol," tegas pengamat bola kepada detikSulsel , Kamis (11/8).

Sementara di kubu lawan, Mitsuru Maruoka yang baru didatangkan manajemen Rans FC musim ini, menjadi penyeimbang di lini tengah tim besutan Rahmad Darmawan.

Mengontrol lini tengah, pemain yang berusia 26 tahun mencatatkan 125 umpan dengan 112 umpan berhasil. Bahkan dari 3 penampilannya, Maruoka sering menjadi pemutus serangan di lini tengah, dengan 6 kali sukses melakukan intersep dan 5 tekel.

Sementara Kenzo yang bertipikal menyerang, cukup efektif di lini depan PSM. Dari satu tembakan mengarah ke gawang dapat dikonversi menjadi gol.

Maruoka yang bermain lebih ke belakang, sementara Kenzo yang bermain menyerang, dipastikan akan sering berduel di laga nanti. Hal ini akan menjadi ajang pembuktian bagi kedua pemain.

Meski begitu, Assegaf melihat Kenzo lebih efektif dibandingkan dengan gelandang milik Rans Tersebut. Sehingga penampilan kedua pemain, tergantung sang pelatih.

"Tapi itu tergantung pelatih dan sudah tahu semua kualitas pemainnya strategi skema apa yang mau dia mainkan, dan tahu semua bagaimana lawan ini mungkin cocok untuk dimainkan," tegasnya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)