PSM Makassar

Bernardo Colek Wasit Liga 1 usai PSM Dikartu Merah 2 Kali di AFC Cup

Muhclis Abduh - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 08:15 WIB
PSM Makassar menang 2-1 melawan Kedah FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali
PSM Makassar menang 2-1 melawan Kedah FC. Foto: Dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim
Bali -

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares kembali menyinggung terkait kinerja wasit di Liga 1. Bernardo menilai wasit di AFC Cup memiliki standar yang berbeda dengan wasit Liga 1 yang membuat pemain kesulitan beradaptasi.

Baginya, dua kartu merah pemainnya di laga ini tercipta akibat efek bermain di Liga 1. Ia mengkritisi perbedaan kualitas dan standar wasit di Liga 1 dan AFC Cup.

"Terkait kontrol emosi, coba lihat apa yang wasit-wasit di Liga 1 lakukan dan kita memiliki standar yang berbeda di liga kita dan ini tercermin dari apa yang mereka (para pemain PSM) lakukan pada saat berkompetisi di AFC," ujar Bernardo Tavares saat konferensi pers usai laga, Selasa (9/8/2022).


Pelatih asal Portugal itu melanjutkan, para pemain yang terbiasa dengan standar wasit di Liga 1 akhirnya kesulitan menyesuaikan permainan saat bermain dengan wasit di AFC Cup. Banyak pelanggaran yang dianggap tidak berbuah kartu, tetapi wasit memberikan kartu.

"Wasit-wasit AFC memiliki standar yang lain dan inilah yang Liga 1 lakukan kepada pemain-pemain, kita memiliki aturan yang berbeda di Indonesia. Namun, saya akan bicarakan lagi ke pemain," lanjutnya.

Pelatih 42 tahun ini memang terbilang sering memberikan komentar pedas kepada wasit usai pertandingan. Baik di Liga 1 maupun di AFC Cup.

Komentar pedas terhadap kinerja wasit misalnya dia lontarkan saat laga PSM Makassar vs Borneo FC pada Minggu (3/7) di Stadion Segiri Samarinda, Bernardo mengeluhkan wasit yang tidak konsisten.

"Kalian juga bisa melihat bahwa pada saat wasit mengambil keputusan, kadang-kadang asistennya pun tidak sama dengan keputusan yang dia ambil," kritik Bernardo usai laga.

Terakhir, Bernardo mengkritik kinerja wasit dalam laga PSM Makassar melawan Persija Jakarta yang berlangsung Jumat (5/8) lalu di Stadion Gelora BJ Habibie.

"Lawan Persija Jakarta kita draw, tapi kita hampir kalah gara-gara lelucon wasit yang dibuat di pertandingan," ungkap Bernardo saat sesi konferensi pers.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)