Suporter Rindu PSM Menang, Pelatih Curhat Tak Bisa Maksimalkan Pemain Asing

Ibnu Munsir - detikSulsel
Jumat, 18 Feb 2022 19:34 WIB
Laga PSM Makassar melawan Tira Persikabo
Foto: dok. PSM Makassar
Makassar -

PSM Makassar harus meraih poin penuh saat melawan Persita Tangerang dalam laga pekan ke-26 pada laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2021/2022 yang akan digelar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (19/2/2022) malam.

Suporter PSM Makassar merindukan performa terbaik skuad Juku Eja meraih kemenangan di sisa laga tersisa. Panglima Laskar Ayam Jantan (LAJ) Daeng Uki mengatakan, kemenangan harus diraih jika tidak ingin terlempar ke zona degradasi.

"Tidak ada kata lain PSM harus bangkit dan memenangkan pertandingan," kata Daeng Uki, Jumat (18/2/2022).


Pasukan Ramang belum menunjukkan performa terbaik. Permainan PSM Makassar menuai sorotan dan kritikan karena masih tampil inkonsisten.

"Jadikan kekalahan, kritikan, untuk menjadi lebih baik," tegasnya.

Senada, suporter Komunitas Vip Selatan Ewink menyebut semangat juang untuk tidak kalah harus ditanamkan dalam diri pemain. Sebagaimana dalam falsafah Bugis-Makassar siri' na pacce.

"Paling utama yang penting dicatat, saya mohon kepada tim yang bermain besok, yang ada di jersey itu ada siri na pacce. Itu lambang di dada lebih besar dari nomor punggung mereka," kata Ewink.

Menurut dia tak ada alasan bagi PSM Makassar untuk kembali menelan pil pahit kekalahan. Jika masih kalah, skuad Juku Eja semakin merosot ke klasemen papan bawah.

"Setidaknya ada 30 orang di tim. 30 orang kita bisa lihat, manajemen bisa lihat layak untuk berada di dalam tubuh PSM, ada rotasi jelas. Jadi satu-satunya jalan PSM harus menang karena ada jurang degradasi," tegasnya.

Para suporter akan tetap setia. Dia menilai, Pasukan Ramang mewakilli harapan warga Kota Makassar untuk bisa meraih kemenangan.

"Tergantung dari pemain, suporter harap pemain menampilkan terbaik, kondisi apapun itu ada di dalam tim," tutup Ewink.

Pelatih PSM Makassar, Joop Gall menekankan anak asuhnya harus tampil habis-habisan melawan Persita Tangerang. Harapan suporter untuk memperoleh poin penuh dalam laga itu mesti terealisasi.

"Akan aneh rasanya jika suporter inginkan kita kalah dari pertandingan. Suporter mempunyai harapan yang sama terhadap timnya sama dengan kita, kita punya harapan juga, kita akan bekerja keras untuk itu," kata Joop Gall.

Dia berdalih, tren negatif PSM Makassar dalam laga sebelumnya karena krisis pemain inti. Sejumlah pemain asing yang diharap jadi andalan, belum bisa dimainkan penuh.

"Semenjak saya datang ke PSM Makassar saya belum bisa mengunakan full pemain-pemain asing. Saya punya hanya Pluim yang bisa saya gunakan, seperti yang dijelaskan oleh Golgol juga tadi bahwa dia berada dalam kondisi yang tidak bisa saya gunakan," urai dia.

Namun pelatih asal Belanda itu menuturkan tengah mempersiapkan 11 pemain yang bakal diterjunkan melawan Persita. Mereka akan dipersiapkan dengan baik sebelum bertanding.

"Namun saya yakin dia bisa memberikan kualitas tambahan terhadap tim nantinya," terang Joop Gall.

Diketahui, Pasukan Ramang masih tampil mengecewakan. Pada pertandingan terakhir, PSM Makassar harus tunduk atas Tira Persikabo dengan skor 3-0 dalam pertandingan pekan lalu. Kekalahan itu membuat skuad Juku Eja terlempar dari papan tengah ke urutan 13 dengan koleksi poin 28.

(sar/nvl)