Menikmati Olahan Tradisional Palekko Khas Pinrang yang Populer

Menikmati Olahan Tradisional Palekko Khas Pinrang yang Populer

Nur Ainun - detikSulsel
Minggu, 15 Jan 2023 09:30 WIB
RM Gobek Pinrang
Palekko dari RM Gobek Pinrang. Foto: Al Khoriah Etiek Nugraha/detikSulsel
Pinrang -

Palekko merupakan olahan bebek khas Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ada banyak rumah makan palekko di Pinrang, salah satunya RM Gobek.

RM Gobek ini menjadi salah satu tempat makan populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Pinrang. Pasalnya, olahan bebek di warung makan ini masih menggunakan cara tradisional.

"Kita masaknya tidak pakai kompor, kita pakai tungku kayu, jadi beda itu rasanya," ujar karyawan sekaligus keluarga dari pemilik RM Gobek, Risma kepada detikSulsel, Sabtu (7/1/2022).


RM Gobek berada di Jalan Poros Pinrang, Benteng Sawito, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang. Lokasinya tidak jauh dari gerbang perbatasan kota menuju jalan Poros Sidrap.

Warung makan ini tidak berada di pinggir jalan. Pengunjung harus memasuki area persawahan sekitar 300 meter.

Tidak hanya palekko, RM Gobek juga menyajikan berbagai menu lainnya seperti bebek goreng, bebek goreng rica cabe ijo, nasu bale, ikan goreng, ikan bakar, dan mie siram. Harganya pun bervariasi mulai Rp 10.000 hingga Rp 121.000.

Tim detikSulsel mencoba dua menu yang cukup populer di warung makan ini. Yakni bebek palekko dan bebek rica cabe ijo.

Bebek Palekko

Palekko BebekPalekko Bebek Foto: Al Khoriah Etiek Nugraha/detikSulsel

Bebek palekko dalam satu porsi berisi satu ekor bebek yang telah dicincang. Satu porsi ini bisa disantap hingga 4 orang.

Cara penyajiannya pun disesuaikan dengan keinginan pengunjung. Dapat disatukan jika akan dikonsumsi sendiri atau disajikan secara terpisah sesuai jumlah orang yang akan memakannya.

Satu porsi bebek palekko ini sudah sepaket dengan sebakul nasi hangat dan semangkok kuah sup. Untuk pelengkap, RM Gobek menyediakan jeruk nipis dan sambal cobek.

Saat disajikan aroma khas palekko yang masih hangat langsung tercium. Namun, berbeda dengan cita rasa khas palekko yang pedas, RM Gobek menyajikannya tanpa rasa pedas.

Sehingga bagi pengunjung yang ingin mendapatkan cita rasa pedas harus menambahkan sambal cobek terlebih dahulu. Hal ini memungkin pengunjung menakar sendiri level pedas yang diinginkan.

Setelah diracik dengan sempurna, terasa bumbu palekko yang menyatu dengan daging bebek. Meski begitu, rempah bumbu tidak terasa kuat. Sehingga bagi pecinta rasa yang strong akan terasa sedikit hambar.

Untuk satu porsi palekko pengunjung cukup membayar Rp 99.000. Selain itu ada sejumlah pilihan yang dapat dipesan untuk mendampingi menu palekko ini.

Bebek Rica Cabai Ijo

Bebek Rica Cabe IjoBebek Rica Cabe Ijo Foto: Al Khoriah Etiek Nugraha/detikSulsel

Satu porsi bebek rica cabai ijo juga disajikan berisikan 1 ekor bebek. Berbeda dengan palekko dengan potongan cincang, potongan bebek rica cabai ijo lebih besar.

Bebek rica cabai ijo disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Meskipun namanya bebek rica cabe ijo, rasa pedas masakan ini sangat tipis.

Uniknya sajian ini diolah dengan asam mangga khas Pinrang. Sehingga rasa pedas berpadu dengan asam yang membuat lidah ketagihan.

Berbeda dengan palekkonya yang memiliki rasa rempah yang tipis, sajian bebek rica cabe ijo ini memiliki cita rasa bumbu yang kuat.

Untuk seporsi bebek rica cabe ijo dibanderol seharga Rp 121.000. Bebek rica cabe ijo merupakan menu terbaru yang dikembangkan RM Gobek. Menu ini dirilis pada 17 Agustus 2022 lalu.



Simak Video "Kelezatan Nasu Palekko Asam Pedas di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/asm)