5 Rekomendasi Makanan Khas Kemerdekaan di TSM Makassar

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Kamis, 11 Agu 2022 17:40 WIB
Ayam Sambal Matah
Kuliner nusantara di TSM Makassar, Ayam Sambal Matah Mama Hotplate (Foto: Istimewa)
Makassar -

Makanan khas kemerdekaan dapat dinikmati menjelang peringatan HUT RI ke 77. Sejumlah tenant F&B di Trans Studio Mall (TSM) Makassar menyajikan berbagai kuliner nusantara dari berbagai daerah yang bisa menjadi pilihan dengan nuansa kemerdekaan.

Setiap tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan. Biasanya dilakukan berbagai perayaan, mulai dari menggelar berbagai macam lomba, kegiatan edukasi hingga upacara.

Selain itu, peringatan HUT RI Ke-77 juga dapat dimeriahkan dengan menikmati makanan khas Kemerdekaan. Aneka menu masakan Tanah Air yang berasal dari berbagai daerah dengan cita rasa yang autentik dapat dinikmati di TSM Makassar dengan nuansa suka cita Kemerdekaan Indonesia.


"Merayakan HUT RI, tak lengkap rasanya jika tak menyantap makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Jangan lewatkan pula deretan promo makanan di tenant F&B yang turut meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia," ujar Marcomm Manager Trans Studio Mall Makassar Radi Agustian dalam keterangan resminya, Kamis (11/8/2022).

Pengunjung TSM Makassar yang tengah berburu kuliner dapat menikmati sejumlah sajian yang khas dan spesial. Nah, berikut 5 rekomendasi makanan khas Indonesia di TSM Makassar yang bisa dinikmati jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI:

1. Ayam Sambal Matah

Ayam Sambal Matah dari Mama Hot Plate bisa jadi pilihan bagi pengunjung yang menyukai cita rasa pedas. Ayam goreng garing yang gurih renyah lengkap dengan sambal matah memberi cita rasa kuliner khas Bali.

Matah berarti mentah, sehingga sambal ini menggunakan bahan mentah yang tidak digoreng maupun direbus. Rasa asam, pedas dan segar yang diciptakan sambal matah dapat memanjakan lidah.

Pengunjung TSM Makassar dapat menikmati sajian Ayam Sambal Matah di Mama Hotplate dengan harga Rp 35.000 per porsi.

Ayam Sambal MatahAyam Sambal Matah dari Mama Hot Plate TSM Makassar (Foto: Istimewa)

2. Soto Daging Madura

Rekomendasi makanan khas Indonesia selanjutnya adalah soto daging khas Madura dari My Kopi-O!. Hidangan lezat ini merupakan makanan khas Madura yang populer.

Soto ini berbahan dasar daging sapi. Ciri khas dari kuliner Soto Daging Madura adalah kuahnya yang kuning. Namun, kuah tersebut tidak menggunakan santan.

Cita rasa yang diciptakan gurih dan khas makanan olahan Madura. Penyajian nya dilengkapi dengan telur rebus dan disajikan selagi hangat.

Soto Daging Madura tentunya lebih nikmat disantap dengan nasi putih. Salah satu makanan khas Kemerdekaan ini dibanderol seharga Rp 61.800 per porsi.

Soto Daging MaduraSoto Daging Madura dari My Kopi-O! TSM Makassar (Foto: Istimewa)

3. Nasi Goreng Betawi

Nasi goreng termasuk kuliner yang mudah ditemukan di berbagai daerah Nusantara. Tetapi setiap daerah memiliki ciri khas dalam menyajikan nasi goreng.

Salah satu rekomendasi makanan khas Indonesia di TSM Makassar untuk meriahkan HUT RI ke-77 adalah Nasi goreng Betawi ala Abe Platinum. Nasi Goreng Betawi identik dengan warna kecokelatan.

Penyajiannya Nasi Goreng Betawi ditambah irisan sosis dan dipadukan dengan sate andalan semakin menggugah selera.

Sajian nasi goreng ini dilengkapi dengan telur dadar, acar wortel dan topping bawang goreng serta kerupuk. Nasi Goreng Betawi dibanderol seharga Rp 69.900 per porsi.

Nasi GorengNasi Goreng Betawi ala Abe Platinum TSM Makassar (Foto: Istimewa)

4. Bakara

Bakara merupakan bahasa Makassar yang artinya sukun, merupakan salah satu gorengan yang populer di Makassar. Killiney di TSM Makassar menyediakan sajian camilan andalan ini.

Sukun diiris tipis dan lebar kemudian digoreng. Karena ukurannya yang tipis, menghasilkan tekstur krenyes.

Gorengan bakara kemudian dipadukan dengan sedapnya sambal tumis. Camilan yang satu ini wajib dipesan kala sedang bersantai atau hang out di tenant Killiney TSM Makassar.

Untuk menikmatinya, pengunjung Killiney TSM Makassar cukup merogoh kocek Rp28.571 per porsi, di luar pajak.

BakkaraBakara dari Killiney TSM Makassar (Foto: Istimewa)

5. Es Campur

Es campur, merupakan salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia. Makanan khas Indonesia yang satu ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu.

Nah, jika berburu kuliner di TSM Makassar, Es Campur dari Chop Buntut bisa jadi pilihan. Isinya sangat beragam, mulai dari nangka, kacang merah, jagung manis, jelly hitam dengan topping es krim rasa vanilla.

Es Campur dari chop Buntut ini dibanderol seharga Rp 30.800 per porsi.

Es CampurEs Campur dari Chop Buntut TSM Makassar (Foto: Istimewa)



Nah, itulah 5 rekomendasi makanan khas Indonesia di TSM Makassar yang bisa jadi pilihan untuk memeriahkan HUT RI ke 77. Bagi yang berkunjung ke TSM Makassar jangan lupa mencobanya.



Simak Video "Berburu Kuliner Nusantara di Passer Legende PIM"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/nvl)