Owner Arisan Bodong di Samarinda Rugikan Membernya Rp 17 M Ditangkap!

Kalimantan Timur

Owner Arisan Bodong di Samarinda Rugikan Membernya Rp 17 M Ditangkap!

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Kamis, 20 Okt 2022 17:03 WIB
Korban arisan bodong di Samarinda.
Para korban arisan bodong di Samarinda. Foto: Dokumen Istimewa.
Samarinda -

Wanita berinisial JL (27) di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) ditangkap polisi terkait kasus arisan bodong miliknya yang merugikan sejumlah korban dengan nilai sekitar Rp 17 miliar. JL kini ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

"Sudah ditahan, diamankan kemarin (19/10) (karena) pelaku datang ke Polres menyerahkan diri," ujar Kapolresta Samarinda Kombes Ary Fadli kepada detikcom, Kamis (20/10/2022).

Ary mengatakan pengungkapan arisan bodong ini dilakukan pihaknya usai menerima laporan sejumlah emak-emak yang datang ke Polresta Samarinda pada Rabu (19/10) kemarin.


"Karena korbannya ini banyak, jadi sekarang ini masih kami lakukan lidik, dan diperkirakan korbannya akan terus bertambah," terangnya.

Dalam kasus arisan bodong ini, JL diduga menipu para membernya dengan cara mengajak mengikuti arisan online melalui media sosial Facebook. Korban diajak ikut dengan iming-iming uang yang mereka setorkan akan bertambah.

"Modusnya mengajak korban melalui media Facebook, dia mengajak orang untuk memberikan uang seperti arisan, di beberapa minggu awal korban mendapatkan keuntungan, ketika sudah banyak mengikuti uang yang dijanjikan pelaku tidak ditepati," ungkapnya.

Dari tangan JL, polisi telah mengamankan barang bukti berupa buku dan bukti transferan dari para korban. Ary mengatakan total kerugian yang telah dihitung pihaknya hingga saat ini berada di kisaran Rp 2 miliar.

"Barang bukti sudah kita lakukan penyitaan, dan masih kita cari lagi barang bukti yang lain, kita juga menelusuri juga uang-uang korban ini kemana aja, kita cek semua." kata Ari.

"Ini kan banyak, pelaku sendiri juga kan enggak mungkin sendiri, makanya kita masih periksa, dari data masyarakat yang melaporkan," bebernya.

Kerugian Korban Total Rp 17 M

Sementara itu, pengacara bernama Sudirman mengatakan bahwa berdasarkan pengakuan dari tersangka JL, ada sekitar 700 member yang ikut arisan bodong tersebut. Total kerugian mencapai Rp 17 miliar.

"Kalau dari pengakuan para korban, ada 700 member yang ikut dengan total kerugian keseluruhannya Rp 17 miliar, tapi dari kami hanya mengakomodir 62 orang saja," kata Sudirman.

Dari total 62 emak-emak yang meminta bantuan hukum kepadanya itu, kerugian mereka mencapai Rp 4 miliar lebih, dengan terbesar satu orang mencapai Rp 300 juta.

"Keseluruhan itu mencapai Rp 4 miliar, yang paling kecil ada yang ditipu 5 juta dan ada yang sampai 300 juta lebih, dan semua korban ini mengaku baru pertama kali ikut arisan ini" sebutnya.



Simak Video "Arisan Bodong di Tasik, Total Kerugian Korban Capai Rp 4 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/tau)