Korban Penipuan Travel Makassar Bayar Rp 9,9 Juta Dijanji Trip ke Dubai-Turki

Korban Penipuan Travel Makassar Bayar Rp 9,9 Juta Dijanji Trip ke Dubai-Turki

Hermawan Mappiwali - detikSulsel
Sabtu, 24 Sep 2022 11:38 WIB
Foto terlapor kasus penipuan travel dipajang di iklan billboard, Makassar.
Foto: Isak Pasa'buan/detikSulsel
Makassar -

Foto bos perusahaan travel terlapor kasus penipuan, Selvi Ahmad Firdaus terpampang di billboard berukuran besar di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Salah satu korban mengungkap modus penipuan yang diduga dilakukan oleh terlapor Selvi.

"Itu tripnya dia itu bayarnya Rp 9,9 juta (per orang). Iya Dubai-Turki tapi ini Dubai-nya cuma city tour," ujar korban bernama Magfirah Fahruddin kepada detikSulsel, Sabtu (24/9/2022).

Magfirah mengaku mengenal travel milik terlapor Selvi karena dipromosikan oleh selebgram di Makassar. Magfirah mulai mendaftar untuk open trip Dubai dan Turki pada Mei 2022.


"Dia buka trip Dubai-Turki tanggal 17-26 Mei 2022. Di situ saya ikut daftar," katanya.

Magfirah kemudian ikut mendaftarkan keluarganya yang lain sebanyak 11 orang dengan membayar total Rp 140 juta. Namun setelah melunasi tagihan, Magfirah mulai menemukan sejumlah kejanggalan karena dua di antara mereka mengalami masalah visa.

"Pihak travel bilang yang visanya tertolak tambah RP 400 ribu. Minta tambahan, jadi cuma dua orang ini dimintai jadinya tambah Rp 800 ribu (untuk dua orang)," ujar Magfirah.

Karena masalah visa ini pihak travel juga meminta agar keberangkatan diundur dari 17 Mei menjadi 26 Mei 2022. Namun saat tanggal 26 Mei tiba, Magfirah dan keluarganya tetap tidak diberangkatkan.

"Tanggal 26 kelompok kami sudah marah-marah juga. Karena rombongan keluarga kami ada yang PNS, kita rugi cuti sudah habis, berangkat juga tidak," kata Magfirah.

"Kemudian diundur lagi 30 Mei, ternyata tidak berangkat juga. Lah makin banyaklah berita saya dengar ada di Jakarta yang ternyata sudah di Bandara tapi tidak berangkat," imbuhnya.

Menurut Magfirah, dari total pembayaran Rp 140 juta 925 ribu yang dia lakukan untuk 11 orang anggotanya, pihak travel hanya mengembalikan Rp 25 juta 925 ribu dengan cara dua kali dicicil.

"Jadi masih ada Rp 115 juta. Sekarang dia minta tolong refund dicicil," cetusnya.

Wajah Terlapor Dipajang di Billboard

Seperti diketahui, wajah terlapor kasus penipuan travel Selvi Ahmad Firdaus terpampang di billboard berukuran besar di Jalan Sultan Alauddin, Makassar. Iklan tersebut diduga dibuat oleh para korban-korbannya.

Pantauan detikSulsel, Jumat (23/9), papan iklan tersebut juga dilengkapi dengan tulisan 'Tolong kembalikan uang kami...!!'. Selain itu, turut tertulis curhatan para korban.

"Dari para korban travel yang kau sakiti..!!" demikian tulisan di iklan billboard tersebut.

Diketahui, laporan salah satu korban teregistrasi di Polda Sulsel dengan nomor LP/B/982/IX/2022/SPKT POLDA SULSEL.

Foto terlapor kasus penipuan travel dipajang di iklan billboard, Makassar.Foto terlapor kasus penipuan travel dipajang di iklan billboard, Makassar. Foto: Isak Pasa'buan/detikSulsel

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana yang dimintai konfirmasi terkait laporan korban mengaku belum menerima banyak informasi. Dia mengaku akan mengeceknya.

"Nanti saya cek dulu ya. Belum saya cek itu," katanya.



Simak Video "Pencuri HP Ngamuk Pakai Badik Saat Kepergok, Berujung Tewas Dikeroyok"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/alk)